Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat

Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat
cerita lahirnya pancasila singkat

Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat 

Jafarull.com - Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat padat dan jelas. Lahirnya pancasila tidak lepas dari pembentukan BPUPKI. Banyak sekali peristiwa yang terjadi yang dapat kita jadikan sebagai pembelajaran. Berikut ini akan kami sajikan cerita singkatnya untuk kalian semua.

Lahirnya Pancasila ialah judul pidato Bung Karno pada sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato tersebut rencana dan rumusan "Pancasila" pertama kalinya disampaikan oleh Bung Karno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini sebelumnya diungkapkan oleh Bung Karno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapatkan istilah "Lahirnya Pancasila" oleh bekas Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang selanjutnya dicetak oleh BPUPK.

Mendekati kekalahan Tentara Kekaisaran Jepang diakhir Perang Pasifik, tentara Jepang di Indonesia mencoba menarik bantuan rakyat Indonesia dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau yang dikenal dengan "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan" atau BPUPK, setelah itu berganti menjadi BPUPKI, dengan tambahan kata "Indonesia''.

Badan ini melaksanakan sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Sebelumnya, rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945. Sedangkan pembahasan sidang dimulai tanggal 29 Mei 1945 yang pada saat itu mengawali sidang dengan pembahasan dasar negara. Rapat ini berlangsung di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta dan sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada era penjajahan Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad atau Gedung Perwakilan Rakyat. Sidang BPUPKI ini berakhir pada tanggal 1 Juni 1945.

Setelah beberapa kali melakukan rapat tetapi tak kunjung menemukan titik terang, akhirnya Bung Karno mendapat giliran untuk mengemukakan idenya mengenai Dasar Negara Indonesia. Dasar negara inilah yang bernama Pancasila. Pidato Bung Karno yang tanpa persiapan dan terkesan spontan tersebut diterima secara aklamasi oleh seluruh anggota Dokuritsu Junbi Cosakai.

Setelah ide bung Karno diseujui, kemudian Dokuritsu Junbi Cosakai membuat panitia kecil guna merumuskan dan membuat undang-undang dasar yang berdasar pada pidato Bung Karno. Panitia kecil tersebut dinamakan Panitia Sembilan yang beranggotakan Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso,Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin.

Tugas panitia sembilan tersebut yakni untuk merangkum kembali pancasila sebagai dasar negara berdasar pada pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Selanjutnya dokumen rangkuman tersebut dijadikan teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sesudah lewat proses persidangan dan lobi-lobi pada akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Bung Karno itu sukses dirumuskan untuk tercantum dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945, yang ditetapkan dan dikatakan syah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

Dalam kata pengantar atas dibukukannya pidato itu, untuk yang pertama kalinya terbit di tahun 1947, bekas Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebutkan pidato Ir. Soekarno itu berisi Lahirnya Pancasila.

Demikian pembahasan kita mengenai Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat. Semoga dapat menjadi referensi dan mencerahkan kita semua. Terima kasih telah berkunjung sobat. Jangan lupa mampir ke artikel yang lain ya.

Post a Comment for "Buatlah cerita lahirnya pancasila secara singkat"