Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jelaskan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari

Jelaskan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari

Jafarull.com - Puasa mrupakan ibadah yang dilakukan dengan cara tiak makan/ minum dan menjaga diri dari perbuatan dosa/ yang dapat membatalkan di siang hari. Selama seharian penuh kita tidak makan dan minum tentunya memberikan efek bagi tubuh masing-masing. Ada yang merasa semakin sehat karena pola makan jadi lebih teratur. Ada juga yang merasa lemas karena kebanyakan tidur dan tidak melakukan apapun.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan mengenai manfaat dari berpuasa. Dikutip dari kesehatan.kontan.co.id (15/4/2021), setidaknya puasa memiliki beberapa manfaat yaitu: Detoksifikasi tubuh, Membantu regenerasi sel, Memperkuat sistem kekebalan tubuh, Mengontrol gula darah, Mengurangi peradangan, Dapat meningkatkan kesehatan jantung, Meningkatkan fungsi otak, Membantu menurunkan berat badan, Meningkatkan hormon pertumbuhan, dan Membantu mencegah kanker. 
Jelaskan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari
hikmah puasa
Segudang manfaat untuk kesehatan tubuh itu bisa didapat hanya dengan menjalankan puasa. Selain dari sisi jasmani, puasa juga memiliki hikmah tersendiri. Apa saja si hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Hikmah Puasa dalam Kehidupan Sehari-hari

1.  Belajar Mengendalikan Diri
Ibadah puasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, tetapi lebih mengarah pada menahan diri. Menahan diri dari apa? Menahan diri dari hawa nafsu, perbuatan dosa, perbuatan hina, berkata kasar, berkelahi, menggunjing, dan lain sebagainya. 

Orang terbiasa dapat mengendalikan dirinya dengan baik, maka akan terpancar aura positif dari dalam dirinya. Dan ia akan jauh lebih disukai Allah karena mampu menjaga diri dan menaati perintah Allah. 

2.  Melatih Jujur dan Amanah
Ketika kita berpuasa, pasti sangat haus dan lapar. Kita juga sebenarnya bisa makan dan minum tanpa diketahui oleh orang lain. Tapi jika kita tetep kukuh pada pendirian untuk tidak makan dan minum, maka puasa telah mengajarkan untuk bersikap jujur pada diri sendiri dan Allah. Karena kita tetap menjalankan amanah Allah dengan sebaik-baiknya.

3.  Merasakan Penderitaan Fakir Miskin
Sudah banyak yang membahas bahwa puasa mengajarkan kita untuk merasakan penderitaann orang miskin. Mereka yang setiap hari mencari nafkah hingga tak jarang harus berpuasa karena hasil yang didapat tidak sesuai, kini kita menjadi satu rasa.
 
Jika mereka biasa sehari dua hari menahan lapar, mengapa kita yang mampu secara ekonomi tidak bisa menahan lapar hanya setengah hari saja? Bukankah otak manusia ini untuk berfikir? Kenapa diberi otak malah ga dipake dan cenderung seenaknya sendiri?

4.  Berfikir Dewasa dan Jernih
Jika perut dalam keadaan kosong, maka bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih, tajam, rasional, dan mudah menangkap hal-hal yang rumit. Puasa melatih jiwa  agar lebih dewasa dan matang, sang bijak, Lukman al Hakim, pernah berpesan kepada anaknya; "wahai anakku Jika perutmu penuh maka pikirannmu akan mati dan anggota tubuhnmu malas beribadah"

5.  Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani
Seperti yang sudah kami paparkan di atas mengenai beberapa manfaat dari berpuasa, kali ini kami akan sedikit mengulasnya saja. Puasa dapat memberikan kesehatan jasmani dan rohani. Seperti pada kutipan berikut ini:
صوموا تصحوا
Artinya: “Berpuasalah ! Maka kalian akan sehat”

املعدة ر أس لك داء وامحلية ر أس لك دواء
Artinya: “Perut adalah pangkal segala penyakit, dan diet adalah pokok segala obat”

من الك كثريا رشب كثري , ومن اكنذكل انم كثريا , ومن اكن كذكل ضاع معره
Artinya: “Siapa yang banyak makan, pasti banyak minum, orang seperti itu, pasti banyak tidur. Orang yang banyak tidur berarti telah menyia-nyiakan umurnya”

Dari kutipan tersebut saja kita sudah tahu, bahwa puasa memberikan dampak kesehatan pada manusia. Jika kita kebanyakan makan (kekenyangan), maka yang ada malah tubuh jadi lemas dan malas untuk beribadah. Padahal di dalam islam sudah diajarkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. 

6.  Puasa sebagai Motifator Kemajuan
Tahu tidak, ternyata banyak sekali pristiwa bsar terjadi di bulan puasa? Hal ini tentu layak kita renungkan dan jadikan motivasi hidup untuk dapat menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. Peristiwa besar tersebut yakni:
  • Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun kedua hijriyah
  • Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah) terjadi tanggal 10 Ramadhan tahun ke- 8 Hijriyah.
  • Awal penyebaran Islam ke Yaman terjadi 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah.
  • Penaklukan Andalusia (Spanyol) terjadi tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah.
Nah bagaimana sobat? Sudah paham mengenai hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari? Dengan bertambahnya pengetahuan kita, maka kita harus mengamalkannya dan menjalankan semua yang diketahui. 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua sobat. Terima kasih telah membaca hingga tuntas. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya.

Referensi:
  • Rosyidi, Achmad. Makalah Kesempurnaan Puasa Ramadhan Tinjauan Secara Normatif dan Tasawuf
  • https://kesehatan.kontan.co.id

Post a Comment for "Jelaskan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari"