Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan

Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan? 

Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan
peristiwa perumusan pancasila

Jafarull.com - Rumusan pancasila disahkan pada 18 Agustus 1945 ketika peristiwa sidang PPKI. Persitiwa ini bertepatan setelah keerdekaan bangsa Indonesia. Momen kemerdekaan bangsa Indonesia yang saat itu diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta pada 17 Agustus 1945, mendapat protes dari utusan rakyat Indonesia bagian timur. 

Hal ini karena pada saat itu, isi pancasila pada sila pertama berbunyi “kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Sedangkan rakyat Indonesia di bagian timur tidak semuanya memeluk agama islam. 

Perlu diketahui bersama, bahwa saat proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 tersebut, Undang-Undang Dasar yang memuat dasar Negara Pancasila belum disahkan. Pada saat itu juga masih belum ditetapkan siapa presiden dan wakil presidennya.

Oleh karena itu pada tangal 18 Agustus 1945, diadakanlah sidang PPKI. Sebelum sidang PPKI dimulai, Drs. Moh. Hatta mengemukakan usul penghapusan tujuh kata dalam sila pertama Pancasila yang berasal dari Piagam Jakarta kepada K.H. Wachid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, Mr Kasman Singadimedjo dan Mr. Teuku M. Hasan. 

Dengan penuh rasa persatuan dan kesatuan, mereka setuju untuk menghapus tujuh kata yang diusulkan dalam Sila Pertama Pancasila. Awalnya sila pertama tertulis ”Ketuhanan Dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam Bagi pemeluk-pemeluknya”, kemudian diganti menjadi ”Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Ada hal yang menarik ketika sidang PPKI nih, ketika PPKI dilantik Jepang anggotanya hanya terdiri dari 21 orang saja. Tapi pada saat sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, anggotanya ditambah 6 orang. Maka keseluruhan anggota PPKI berjumlah 27 orang. Dan ke-27 orang tersebut merupakan Badan nasional yang mewakili seluruh rakyat Indonesia.

Dalam sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 ditetapkan: 

1.  Mengesahkan UUD 1945 yang didalamnya terdapat dasar Negara Pancasila yang dalam sila pertama Pancasila telah dihapuskan tujuh kata tersebut 

2.  Memilih Presiden dan Wakil Presiden pertama NKRI yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta

Nah itulah peristiwa mengenai rumusan pancasila yang disahkan. Perjuangan bangsa Indonesia pada saat itu sungguh berat dan mengorbankan banyak hal. Sudah sepantasnya kita sebagai putera puteri bangsa Indonesia menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan agar Indonesia tidak terpecah belah.

Terima kasih telah berkunjung sobat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya. Agar kami makin semangat posting sesuatu yang bermanfaat.

Post a Comment for "Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan"