Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Teks eksplanasi berisi pemaparan yang bersifat?

Teks eksplanasi berisi pemaparan yang bersifat menjelaskan.

Teks eksplanasi memeiliki sifat menjelaskan kepada khalayak umum dengan didasarkan pada ilmu pengetahuan, data dan fakta yang ada. Suatu peristiwa akan dijelaskan mulai dari penyebab terjainya, akibat, hingga saran atau tanggapan.

Orang yang membaca teks eksplanasi akan mengetahui secara detail tentang peristiwa yang terjadi. Selain itu, pembaca juga dapat memberikan tanggapan dan simpulan tersendiri terhadap peristiwa yang terjadi. Hal ini karena teks eksplanasi hanya menjelaskan dan tidak mempengaruhi pembaca. 
Teks eksplanasi berisi pemaparan yang bersifat?
teks eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu

Kebakaran merupakan bencana yang sangat mengerikan. Kebakaran di Indonesia sering terjadi di hutan dan pemukiman warga.  Api sangat mudah merambat jika media yang terbakar berupa plastik, kayu, dan benda kering lainnya. 

Penyebab kebakaran umumnya karena konsleting lisstrik, gas meledak, putung rokok, sisa-sisa pembakaran, dan lain sebagainya. Banyak yang menjadi faktor terjadinya penyebab kebakaran. Bahkan di Amerika sering terjadi kebakaran hutan karena kekeringan / cuaca terlalu panas. 

Baru-baru ini warga Indonesia dihebohkan dengan kilang minyak milik pertamina yang terbakar di Indramayu. Kilang minyak balongan Indramayu merupakan kilang minyak terbesar di asia tenggara. Kebakaran tersebut terjadi pada Selasa 30 Maret 2021 pukul 00:00 dini hari. kebakaran tersebut membuat warga panik dan harus dievakuasi dari pemukiman.

Kebakaran tersebut menimbulkan asap yang sangat padat nan tebal. Petugas pemadam kebakaran terus berupaya memadamkan api. Api terus membesar karena media yang terbakar berupa minyak. sifat minyak yang mudah terbakar membuat api susah untuk dipadamkan.

Pada 31 Maret 2021, terjadi dentuman keras di lokasi kilang minyak balongan indramayu. Hal tersebut lantas membuat karyawan, petugas, dan warga kaget dan mereka berusaha menjauh dari lokasi. Benar saja, tak lama dentuman tersebut mendengung, kobaran api langsung mnyala.

Hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab dari kebakaran tersebut. Petugas sedang berupaya untuk mencari tahu penyebab kebakaran. Warga diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik agar proses evakuasi dan penyelidikan tetap berlangsung dengan aman. 

Semua bencana pasti sangat tidak diinginkan oleh semua orang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia hendaknya terus berusaha menjaga titipan tuhan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nah sekian dulu pembahasan kita tentang Teks eksplanasi berisi pemaparan yang bersifat menjelaskan. Sudah saya paparkan materi tentang teks eksplanasi lengkap, jika kalian hendak mengaksesnya silakan kunjungi

Post a Comment for "Teks eksplanasi berisi pemaparan yang bersifat?"