Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta artinya

Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta artinya

Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta, artinya topik yang dibahas dan seluruh informasinya bersifat faktual dengan didasarkan pada literatur-literatur / sumber terpercaya. informasi bisa didapat dari buku, jurnal, penelitian, pendapat, hingga laporan.

Hal inilah yang membedakan teks eksplanasi dengan teks lain. Misalnya saja pada teks prosedur, yang lebih menitik beratkan pada langkah-langkah. Teks deskripsi yang menitik beratkan pada penggambaran suatu objek secara detail. Teks narasi yang menceritakan suatu kisah.

Pada teks eksplanasi ini akan disampaikan dan dijelaskan mengenai sebab akibat pada sebuah peristiwa. Sifatnya melaporkan dan tak mmpengaruhi pembaca.
Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta artinya
teks eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Pohon Tumbang

Pohon merupakan tanaman berkayu yang memiliki sifat keras. Pohon juga memiliki akar yang tumbuh menjalar ke tanah. Akar pohon begitu panjang dan kuat, sehingga mampu menahan tubuh pohon dari terjangan angin dan badai.

Pohon memiliki dahan dan ranting yang ditumbuhi dedaunan. Daun pada pohon berfungsi sebagai proses fotosintesis yang nantinya menghasilkan oksigen. Oksigen inilah yang bakal menghidupi bumi dan sebagai sarana makhluk hidup bernafas.

Keberlangsungan hidup makhluk hidup juga dipengaruhi oleh adanya pohon. Jika di dunia ini tidak tersisa satupun pohon, maka tidak akan ada makhluk hidup yang bisa bernafas. Oleh karena itu kita wajib menjaga dan menanam pohon untuk kualitas udara yang bersih.

Di perkotaan juga saksikan jumlah pepohonan sangat sedikit. Ya, hanya di pinggir jalan kita temui pohon-pohon besar yang usianya sudah mencapai puluhan tahun. Tak jarang, kita sering menyaksikan adanya pohon tumbang. 

Pohon tumbang terjadi karena berbagai hal, bisa karena angin, hujan lebat yang mengikis tanah, usia pohon yang sudah tua, pohon yang kropos/ rapuh, hingga karena pergeseran tanah. Kita sering menyaksikan pohon tumbang di kota besar akibat dorongan angin puting beliung disertai hujan lebat. Selain itu pohon yang sudah tua juga menjadi faktor mengapa pohon dapat tumbang.

Pepohonan yang tumbang secara mendadak bisa mengakibatkan kecelakaan lalulintas dan kemacetran di jalan. Sering kita saksikan di televisi ada pengendara motor/ mobil yang meninggal akibat tertimpa pohon tumbang. 

Pemerintah setempat berupaya menanggulangi terjadinya pohon tumbang dengan cara mebebang pohon yang sudah tua dan kropos. Kemudian menanam lagi untuk regenerasi pohon selanjutnya. Kita sudah sepantasnya untuk terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan demi kehidupan yang lebih baik. 

Jangan sampai kita serakah menebang pohon tanpa aturan yang berujung pada kepunahan makhluk hidup lain. Menjaga alam juga salah satu perintah agama, oleh karena itu wajib kita lakukan.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta artinya bersifat faktual. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih telah hadir berkunjung.

Post a Comment for "Teks eksplanasi informasinya berdasarkan fakta artinya"