Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah

Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah

Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah Pernyataan umum, kemudian urutan sebab akibat, dan terakhir interpretasi. Urutan ini tidak boleh diubah-ubah, karena akan memengaruhi hasil teks dan susuan teksnya.

Pernyataan umum biasanya berisi tentang gambaran umum mengenai topik / peristiwa yang akan dibahas. Sifatnya menjelaskan secara umum saja.

Urutan sebab akibat biasanya berisi tentang urutan kejadian suatu peristiwa dan akan dijelaskan mengenai sebab dan akibatnya. Bagian ini juga menjadi bagian yang terpenting karena seluruh data fakta yang ada akan dibahas di urutan sebab akibat.

Interpretasi berisi tanggapan dan simpulan mengenai topik yang telah dibahas. Simpulan didasarkan pada pembahasan yang telah dilakukan. Apapun kesimpulannya, tetap tidak boleh memengaruhi pembaca.
Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah
teks eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi 

Tsunami
Tsunami ialah istilah yang dari Jepang, terdiri dari dua kata tsu dan name yang bermakna ‘pelabuhan' dan ‘gelombang'. Beberapa ilmuwan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut karena gempa.

Tsunami ialah gelombang laut besar yang tiba secara cepat dan mendadak terjang teritori pantai. Gelombang itu tercipta akibatnya karena rutinitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami mengakibatkan banjir dan kerusakan saat menghajar dataran pantai.

Pembangunan tsunami terjadi saat dasar laut permukaannya turun naik di sejauh patahan sepanjang gempa berjalan. Patahan itu menyebabkan terusiknya kesetimbangan air laut. Patahan yang besar akan hasilkan tenaga gelombang yang besar juga.

Sesaat sesudah terjadi gempa, air laut akan kering. Sesudah kering, air laut balik ke arah dataran berbentuk gelombang besar. Disamping itu, pembangunan tsunami disebabkan karena letusan gunung merapi di dasar lautan.

Letusan itu mengakibatkan tingginya gerakan air laut atau perairan disekelilingnya. Makin besar tsunami, semakin besar juga banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghajar pantai.

Tsunami sudah jadi salah satunya musibah yang mengakibatkan kerusakan besar untuk manusia. Kerusakan paling besar terjadi saat tsunami itu menghajar pemukiman warga hingga menggeret apa yang dilewatinya.

Oleh karenanya, kita selalu harus siaga dan menyiapkan diri hadapi musibah ini. Tetapi, kita tak perlu terlampau cemas karena tidak seluruhnya tsunami membuat gelombang besar. Disamping itu, tidak seluruhnya letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi dituruti dengan tsunami.

Demikianlah pembahasan kita tentang Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat. Kita sudah makin tahu tentang struktur teks eksplanasi dan juga contohnya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya. 

Post a Comment for "Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah"