Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apa arti rahmatan lil alamin?

Apa arti rahmatan lil alamin
Apa arti rahmatan lil alamin

Apa arti rahmatan lil alamin

Jafarull.com - Apa arti rahmatan lil alamin? Hem kita mungkin sering mendengar kata tersebut bukan? Hanya saja kadang masih kurang begitu paham mengenai maknanya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai rahmatan lil alamin. 

Rahmatan lil alamin artinya segala rahmat dan kasih sayang Allah yang diberikan kepada seluruh makhluknya. Hal ini tak hanya berlaku untuk manusia, tetapi juga hewan, tumbuhan, dan alam semesta beserta seluruh isinya. Allah memberikan rahmatNya melalui agama Islam.

Agama Islam adalah agama yang penuh rahmat. Bahkan muncul istilah Islam rahmatan lil alamin. Istilah tersebut memiliki makna yang dalam, Islam sebagai agama menjadi perwujudan kasih sayang Allah kepada semua makhluknya dan semua ciptaannya. 

Hal ini karena Allah memberikan keseimbangan bagi kehidupan di alam semesta dan mengaturnya melalui agama Islam. Bahkan Islam menjadi aturan yang pas nan ideal bagi kehidupan manusia di muka bumi. Karena di dalamnya mengatur berbagai permasalahan, seperti jual beli, ibadah, hingga ilmu pengetahuan.

Dengan mengetahui dan memahami konsep Islam rahmatan lil alamin, maka dapat mengembalikan keindahan Islam yang kini kian meredup.

KH Misbahul Munir (Kyai Misbah) menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Hal tersebut bisa menjadi sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT.

"Rasulullah SAW itu diutus ke dunia misinya adalah rahmat. Sehingga dikatakan, ‘Tidak Aku utus engkau Muhammad, kecuali misinya sebagai rahmat.' Bentuk kasih sayang Allah kepada semesta alam," ucap Kyai Misbah.

Ia juga menjelaskan bahwa rahmat Allah tidak hanya ditujukan kepada umat islam saja, tetapi juga untuk seluruh alam semesta. Terdapat aturan tentang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, menjaga hak binatang dan tumbuh-tumbuhan.

"Jadi, kalimat rahmat itu bukan hanya ditujukan kepada umat Islam, bukan hanya ditujukan kepada umat manusia, tapi semesta alam," kata Kyai Misbah.

Sementara itu, Ketua Koordinasi Dai Provinsi DKI Jakarta, KH. Jamaludin F Hasyim menjelaskan diutusnya Rasulullah SAW tersebut untuk menjadi hadiah bagi alam semesta.

"Rasulullah SAW pernah suatu ketika menegaskan, 'Sesungguhnya aku ini adalah rahmat Allah SWT yang dihadiahkan kepada kamu sekalian.' Jadi, pemberian dari Allah adalah datangnya Nabi Muhammad dengan membawa syariat itu," kata Kyai Jamal.

Referensi:

  • Inews.id

Post a Comment for "Apa arti rahmatan lil alamin?"