Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kapan terjadinya malam lailatul qadar

Kapan terjadinya malam lailatul qadar?

Lailatul Qadar adalah malam yang spesial untuk orang islam pada bulan Ramadhan. lailatul qadar juga menjadi malam turunnya ayat-ayat pertama Al-Quran pada Nabi Muhammad dengan perantara malaikat Jibril. Nabi Muhammad kali pertama memeroleh wahyu ayat-ayat Al Quran, sesudah masa perenungan dalam pengisolasian/ pengasingan. Malam lailatul qadar diartikan sebagai malam saat malaikat turun ke bumi, untuk menyampaikan tugas berupa membuat kedamaian, berkah, dan membimbing hingga menjelang fajar. Biasanya umat Islam akan memperbanyak ibadah dan doa, serta melakukan i'tikaf di masjid.

Kapan terjadinya malam lailatul qadar
Kapan terjadinya malam lailatul qadar


Lalu muncul sebuah pertanyaan di benak kita. Kapan terjadinya malam lailatur qadar?

Sebenarnya, malam Lailatul Qadar tidak ada yang mengetahui kapan hadirnya. Namun, dalam hadis yang diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadan." (HR Bukhari)

Seperti disingkap Nahdlatul Ulama atau NU di dalam website resminya, malam Lailatul Qadar terjadi pada 17 Ramadan, 21 Ramadan, 24 Ramadan, atau tanggal ganjil pada 10 akhir Ramadan.

Karena tidak bisa ditetapkan kapan malam Lailatul Qadar terjadi, lebih bagus pahami beberapa tanda-tanda berikut yang diungkap HR Imam Muslim dan HR Imam Ahmad.

1. Di hari itu Matahari berkilau tidak begitu panas dengan cuaca yang begitu sejuk.

2. Saat malam harinya langit terlihat bersih, tidak terlihat awan sedikit pun. Keadaan tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Dalam Mu'jam at-Thabari al-Kabir dijelaskan jika Rasulullah SAW bersabda pernah membeberkan tanda malam Lailatul Qadar, yang artinya sebagai berikut.

"Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak terlihat dan di siang harinya matahari berkilau dan tidak panas."

Di waktu malam Lailatul Qadar datang, kaum muslim dianjurkan untuk perbanyak beribadah, salah satunya:

- Selalu sholat wajib lima waktu berjamaah.

- Mengerjakan sholat malam atau qiyamul lail (sholat tarawih, tahajud, dan lain-lain).

- Membaca Alquran sebanyak mungkin dengan tartil.

- Perbanyak zikir, istigfar dan berdoa.

- Membaca doa berikut ini:

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni."

yang Artinya: Wahai Tuhan, Kamu Maha Pemberi ampun, menyenangi orang yang meminta ampunan, ampunilah saya.

Nah demikian pembahasan singkat mengenai Kapan terjadinya malam lailatul qadar. Kita jadi lebih tahu bahwa tidak ada yang tahu kapan terjadinya malam istimewa tersebut. Yang harus kita lakukan yakni terus berusaha untuk memperbaiki diri dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. 

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua sobat. Terima akasih telah datang untuk membaca. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.

Post a Comment for "Kapan terjadinya malam lailatul qadar"