Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kenapa indonesia tidak menyerang israel

Kenapa indonesia tidak menyerang israel
Kenapa indonesia tidak menyerang israel

Kenapa indonesia tidak menyerang israel

Jafarull.com - Kenapa indonesia tidak menyerang israel? Sebuah pertanyaan yang terlintas di benak saya. Padahal Indonesia merupakan negara dengan umat islam terbesar dunia, apa Indonesia tidak bernai? atau justru tak mampu? Hemm mari coba kita ulas secara singkat.

Israel merupakan negaranya orang yahudi yang berada di Timur Tengah. Mayoritas penduduk Israel memang beragama Yahudi. Negara ini juga sangat maju di bidang teknologi dan informasi. Pertahanan Israel juga mumpuni, dilengkapi dengan senjata yang serba canggih dan teknologi mutakhir, membuat Negara Israel menjadi salah satu negara terkuat.

Israel menjadi demikian tak lepas dari peran Amerika Serikat. Ya, negara Paman Sam ini memiliki hubungan yang sangat baik dengan Israel. Bahkan, Amerika turut memasok persenjataan negara Israel, nah ini yang bikin Erdogan marah. Buka beritanya AS Jual Senjata Rp10,5 Triliun ke Israel, Erdogan ke Joe Biden: Tangan Anda Berdarah

Nah dari sini saja sebenarnya kita sudah dapat menyimpulkan, Kenapa indonesia tidak menyerang israel. Ya karena Israel dibackup oleh Amerika yang merupakan Negara super power. Tapi untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Alasan Kenapa indonesia tidak menyerang israel

1.  Indonesia masih butuh bekerjasama dengan Israel.

Kalian tahu tidak si? Indonesia masih bekerjasama dengan negara Israel di dunia perdagangan. Indonesia masih mengeksport pakan babi ke Israel. Jadi kalau misal Indonesia nyerang Israel, maka Indonesia akan diboikot. Dan ini akan menimbulkan kerugian ekonomi bagi negara kita.

Mengutip dari statistik.kemenag.go.id, berikut tabel perdagangan antara Israel dengan Indonesia sejak 2016 hingga Maret 2021.

statistik-perdagangan-antara-indo-israel
statistik perdagangan indo israel

2.  Israel memiliki persenjataan yang canggih

Kita semua tahu, urusan militer Israel memiliki persenjataan yang lengkap dan canggih. Mulai dari bedil, meriam, roket, hingga drone, semuanya serba canggih. Sedangkan Indonesia? (mohon maaf bukannya pesimis, tapi sadar diri) Indonesia masih kalah jumlah persenjataan dan kecanggihan teknologi di dunia militernya. 

Nah dari segi persenjataan saja sudah beda, bagaimana bisa Indonesia menyerang Israel yang memiliki pertahanan yang mumpuni? 

3.  Israel dibackup Amerika Serikat

Sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa kedua negara tersebut memiliki hubungan sangat akrab. Amerika juga menjual senjata canggih mereka kepada Israel. Mungkin saja Israel berani menginvasi gaza karena ada backup Amerka yang notabanenya negara super power / serif dunia.

Jika (misal) Indonesia berani menyerang Israel. itu artinya Indonesia juga harus bersiap menghadapi tekanan dari Amerika. Tekanannya bisa saja dalam bentuk ekonomi atau yang lainnya.

4.  Biaya perang mahal

Pernah ga si kalian berpikir, berapa biaya perang yang harus dikeluarkan? dikutip dari tribunnews.com (19/05/2021) biaya roket jarak pendek Qassam milik Hamas per-buahnya berkisar $300 hingga $800 (sekira Rp 4,3 juta - 11,4 juta). Itu hanya perbuahnya saja, sedangkan roket hamas menggempur Israel sudah berapa? ribuan cuy.

Sedangkan biaya roket Iron Dome milik Israel masing-masing seharga antara $50.000 dan $100.000 (sekira Rp 716,8 juta - Rp 1,4 miliar). Ini nilai yang sangat fantastis untuk sebuah biaya perang yang dikeluarkan hanya beberapa minggu di Gaza. 

Nah Indonesia bagaimana? Jika Indonesia menyerang Israel, maka harus menanggung biaya yang sangat mahal. Tentunya ini membuat perekonomian indoneisa menjadi terpuruk. 

Menurut saya, kita sebagai bangsa Indonesia masih bisa berjuang dan bersuara melalui kritik atau dukungan, walaupun hanya di Media sosial. Kok hanya di media sosial? apa ada dampaknya untuk mereka? 

Jangan salah sob, meski kita berjuang dan menyerukan melalui media sosial tetapi bentuk kritik dan dukungan kita bisa memberikan semangat kepada masyarakat palestina di sana. Mungkin saja mereka yang sudah putus asa, kemudian melihat pemberitaan dukungan datang dari berbagai penjuru, pasti mereka akan menjadi semangat lagi.

Selain itu, banyak negara termasuk Indonesia melakukan diplomasi dengan Israel. Bisa saja pemimpin-pemimpin negara kompak untuk menghubungi Pimpinan Israel untuk menghentikan serangan mereka di Gaza.

Selain itu, ada juga PBB yang beberapa waktu lalu menggelar rapat terkait konflik Israel dan Palestina. Kita sebagai masyarakat Indonesia sudah sepantasnya mendoakan mereka. Kita yang tidak mampu mengangkat senjata, alangkah baiknya untuk dapat mengangkat tangan dan memohon agar warga palestina diberi keselamatan oleh Tuhan yang maha esa. 

Demikian beberapa alasan Kenapa indonesia tidak menyerang israel. Sudah sepantasnya kita mendoakan yang terbaik. Karena kalau ikut campur tangan secara langsung, bisa merugikan negara sendiri. Untuk kamu yang ingin membaca peran Indonesia terkait konflik Israel Palestina, silakan akses ebook berikut ini.

Peran Indonesia dalam konflik israel dan palestina pdf

Referensi

  • Inews.id
  • Tribunnews.com
  • statistik.kemendag.go.id/balance-of-trade-with-trade-partner-country

Post a Comment for "Kenapa indonesia tidak menyerang israel"