Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara

Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara

Jafarull.com - Hutan merupakan tempat yang dipenuhi dengan berbagai macam pepohonan dan tumbuhan. Hutan memiliki peran penting dalam kehidupan, yakni menghasilkan oksigen sehingga makhluk hidup dapat bernafas. Oleh karenanya kita harus menjaga hutan agar tetap lestari dan tidak rusak.

Kerusakan hutan dapat menyebabkan tidak seimbangnya ekosistem dalam kehidupan di bumi. Tumbuhan, pepohonan, dan binatang yang hidup di dalam hutan bisa terancam punah. Bahkan bisa menjadi punah.

Apalagi angka kerusakan hutan tiap tahunnya di Indonesia makin meluas. Tercatat kerusakan hutan pada 2018-2019 sebesar 462.400 hektar. Jika hal ini dibiarkan maka kehidupan di muka bumi tak akan lagi seimbang. Alam bisa saja murka dengan meluncurkan tanah longsor, banjir, hingga gempa bumi.

Oleh karenaitu kita harus melakukan pelestarian hutan. Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan simpel serta dapat dilakukan oleh semua orang. Apa saja si itu? Simak ulasannya berikut ini.

Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara
cara melestarikan hutan

Cara melestarikan hutan

1.  Melakukan penghijauan atau reboisasi

Penghijauan dapat dilakukan dengan cara menanam kembali pohon-pohon potensial yang dapat menyimpan cadangan air dan dapat berusia panjang. Misalnya saja pohon aren, karet, pinus, damaran, mahoni, dan lain-lain. Penanaman bisa dilakukan di wilayah yang sudah "tak terurus" untuk menghijaukan daeraah tersebut.

2.  Melindungi dan menjaga habitat di hutan

Sebagai warga yang cinta alam, kita harus saling menjaga dan mengingatkan mengenai habitat hutan. Jangan samapai ada orang yang hendak merusak hutan. Biasanya hutan rusak karena dikelola dengan cara yang tidak baik, misalnya berlebihan dalam pemberian pupuk kimia, menebangi pohon, merusak tanaman, dan lain sebagainya.

3.  Menerapkan sistem tebang pilih

Sistem tebang pilih dinilai sangat efektif untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan ekosistem hutan. Misalnya saja menebang pohon yang sudah berusia tua, dan membiarkan pohon yang berusia muda untuk tetap hidup.

4.  Menerapkan sistem tebang-tanam

Sistem ini dilakukan dengan cara menebang pohon, kemeudian segera menanaminya kembali. Tujuannya agar keberlangsungan hutan tetap terjaga dan lingkungan tidak rusak. 

5.  Melakukan penebangan secara konservatif

Penebangan secara konservatif yakni menebangi pohon yang sudah tidak produktif lagi. Pohon yang sudah tua dan tidak menghasilkan bisa ditebang. Bedanya dengan sistem tebang pilih yakni sistem tebang pilih menebangi pohon yang sudah tua tapi masih produktif. Sedangkan penebangan konservatif menebangi pohon yang tua dan tak produktif lagi.

6.  Mencegah kebakaran hutan

Di Indonesia sering terjadi kebakaran hutan ketika musim kemarau. Penyebabnya beragam, ada yang sengaja dibakar, ada pula yang secara alami terbakar karena terik matahari. Jika kita tinggal di daerah yang dekat dengan hutan, pastikan untuk senantiasa menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran ya.

7.  Tidak mencoret-coret pohon di hutan

Perilaku ini sering dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Mencoret-coret hutan dapat mengotori, mencemari, bahkan membuat pohon mati. Selalu dipikirkan dampak yang akan terjadi jika kita hendak melakukan sesuatu ok.

8.  Tidak membuang sampah di hutan

Hayo siapa di sini yang sering ke hutan hanya untuk membuang sampah? Mulai sekarang, jaga hutan dan lindungi hutan dengan cara tidak membuang sampah di hutan ya. Karena sampah dapat mencemari lingkungan hutan yang berakibat buruk terhadap kehidupan di sana.

9.  Menghemat penggunaan kertas

Menghemat penggunaan kertas dapat ternyata dapat melestarikan lingkungan loh. Kertas terbuat dari pohon yang diolah menjadi bubur kertas dan menjadi kertas. Jika kita menghemat kertas, maka memberikan kesempatan pada pohon untuk tetap hidup dan tidak ditebang.

10.  Melakukan daur ulang kertas

Biasanya kalian menggunakan kertas yang tak terpakai untuk apa? Dijual? Dibakar? atau untuk apa? Mulai sekarang mending didaur ulang lagi saja sob. Kertas daur ulang hasilnya tak kalah dengan kertas yang dibuat dari serat kayu kok. 

11.  Melakukan seminar pelestarian hutan.

Seminar pelestarian hutan dimaksudkan untuk mengedukasi dan menanamkan kesadaran mencintai hutan dan merawat hutan. Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli kita kepada hutan.

Nah demikian pembahasan kita mengenai pelestarian hutan yang dapat dilakukan dengan cara sederhana. Kita bisa melakukannya dari rumah dan lingkungan masing-masing. Selalu sayangi hutan di lingkungan kita ya sob, agar kehidupan di bumi selalu baik. 

Bagi kalian yang ingin membaca jurnal mengenai pelestarian hutan, silakan akses ebooknya di bawah ini. Share jika artikel ini bermanfaat sob.

Ebook Pelestarian hutan pdf

Post a Comment for "Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara"