Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apa yang dimaksud dengan makanan sehat

Apa yang dimaksud dengan makanan sehat

Apa yang dimaksud dengan makanan sehat
Apa yang dimaksud dengan makanan sehat

Jafarull.com - Apa yang dimaksud dengan makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia memerlukan beragam nutrisi dan gizi agar dapat melakukan aktivitas. Di sekolah, mungkin kita sering dengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Ya, makanan sehat memang identik dengan hal tersebut.

Umumnya tubuh memerlukan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Makanan yang kita makanan tentu harus memenuhi komposisi di atas. Porsinya juga harus seimbang agar tubuh kita selalu sehat.

Beberapa referensi makanan sehat yang murah

1.  Buah-buahan

Seperti yang kita tahu, bahwa buah mengandung banyak vitamin, mineral, hingga serat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, buah juga mengandung antioksidan yang tinggi dan gula alami. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan kuat. Untuk mendapat manfaat dari buah, kita tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Kita bisa mengonsumsi pisang, jeruk, jambu, apel, semangka, salak, sawo, dan lain sebagainya. 

2. Sayur-sayuran

Sepertinya kita patut bersyukur tinggal di Indonesia yang dianugerahi tanah subur. Buah dan sayur sangat melimpah di negeri kita ini. Sayuran juga tak kalah menyehatkannya dari buah. Bahan makanan yang satu ini bahkan bisa kita tanam sendiri di pekarangan rumah. Jika kita ingin memakan sayuran, kita tinggal pilih sendiri nih, misalnya saja wortel, kangkung, kol, brokoli, caisim, daun waluh, dun singkong, daun pepaya, dan lain sebagainya.

3. Daging

Daging menjadi sumber protein dan vitamin yang sangat berguna untuk pembentukan otot tubuh. Mengonsumsi daging seperlunya saja, karena lemaknya juga sangat tinggi. Daging yang bisa menjadi pilihan yakni daging ayam, kelinci, kambing domba, dan sapi.

4. Susu dan telur

Susu bisa kita temukan dengan mudah, bahkan di mini market juga menyediakannya. Tapi yang lebih baik si susu murni yang bisa di dapatkan dari peternakan sapi atau kambing terdekat. Selain susu sapi dan kambing, kita juga bisa mengonsumsi susu kedelai yang sangat baik untuk kesehatan. Banyak yang bilang bahwa susu sangat baik untuk kesehatan otak dan tulang kita. Kita juga bisa tuh memanfaatkan telur sebagai opsi kedua. Jangan salah, dalam satu butir telur mengandung berbagai vitamin loh. Bahkan dalam satu butir telur mengandung omega 3 sebanyak 100 hingga 50 mg loh. 

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Biji-bijian biasanya dimanfaatkan untuk menunjang program diet. Makanan yang satu ini memang kaya akan vitamin dan serat sekaligus rendah lemak. Terlebih lagi dalam makanan ini terdapat vitamin E dan magnesium. Kalian bisa memanfaatkannya jika sedang diet atau menghindari lemak.

Demikian pembahasan kita kali ini. Bagaimana sobat? sudah terjawab belu pertanyaan Apa yang dimaksud dengan makanan sehat? Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat untuk kita sema ya sob. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Artikel Terkait:

Makanan dengan gizi seimbang untuk tubuh

Pengertian gizi seimbang

Referensi:

  • Halodoc.com

Post a Comment for "Apa yang dimaksud dengan makanan sehat"