Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Blooming algae disebabkan oleh

Blooming algae disebabkan oleh?

Jafarull.com - Blooming algae disebabkan oleh air yang mengandung bahan kimia seperti detergen dan dibuang ke sungai, rawa, laut, kolam, dan danau. Blooming Algae adalah peristiwa meningkatnya jumlah algae di perairan yang disebabkan oleh zat fosfat yang berasal dari pupuk kimia ataupun detergen. Blooming algae ini dapat terjadi di perairan seperti sungai, rawa, kolam, hingga danau. Biasanya perairan yang mengalami blooming algae ditandai dengan warna air yang hijau ataupun memerah.

Pemanasan global juga bisa membuat blooming algae berkembang pesat. Hal ini karena pemanasan global membuat suhu perairan ikut naik, sehingga mempercepat metabolisme blooming algae. Akibatnya tentu blooming algae menjadi sangat mudah untuk berkembang.

Blooming algae disebabkan oleh
Blooming algae disebabkan oleh

Meskipun berkesan sepele, efek dari kejadian blooming alga ini perlu perhatian khusus. Jumlah alga yang melonjak bisa menyebabkan resiko kematian pada bermacam jenis biota laut.

Kematian biota laut ini bisa timbul karena ada paparan racun yang datang dari hasil ekskresi alga. Jumlah alga yang melonjak pasti mendatangkan racun yang banyak juga untuk perairan tersbut. Apabila dibiarkan terlalu lama, masalah ini pasti dapat menyebabkan kematian pada bermacam tipe organisme perairan.

Disamping menyebabkan banyak racun di perairan, ledakan alga dapat mengakibatkan kandungan oksigen dalam air menjadi berkurang. Alga memerlukan oksigen yang cukup buat bertahan hidup. Jumlah alga yang banyak tentu saja akan memacu perebutan oksigen dan kelangkaan oksigen bagi biota laut / perairan.

Ini lah yang pada akhirnya menyebabkan kematian banyak ikan di laut. Disamping kekurangan oksigen, ikan-ikan akan merasakan keracunan karena hasil ekskresi dari kegiatan metabolisme yang tengah dilakukan oleh alga.

Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan, maka sebaiknya kita selalu menjaga lingkungan dengan baik. Kurangi penggunaan detergen dan pupuk kimia agar semua kehidupan dapat berjalan dengan seimbang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Blooming algae disebabkan oleh air limbah dtergen yang dibuang ke sungai laut kolam dan danau. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita bisa lebih menjaga kesehatan lingkungan kita.

Post a Comment for "Blooming algae disebabkan oleh"