Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada?

Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada?

Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada?
Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada?

Jafarull.com - Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada pola makan yang sehat dan gizi yang seimbang. Pola makan yang sehat itu seperti apa si? Apa harus mengonsumsi daging atau ikan setiap hari? Hemm tentu saja tidak sobat, pola makan sehat itu makan yang teratur (terjadwal) dan sesuai porsi dan gizinya tercukupi.

Pola makan teratur maksudnya adalah kita mengatur pola makan di jam jam tertentu dan menghindari makan di jam tertentu juga. Misalnya wajib sarapan pagi sebelum beraktivitas sebelum jam 7 pagi, kemudian makan siang jam 12 siang, kemudian makan sore di jam 5 atau 6. Kemudian kita menghindari makan di jam 6 sore hingga subuh. 

Jika jadwal makan sudah terpenuhi, maka tinggal menyesuaikan porsi makan sesuai kebutuhan tubuh. Umumnya orang akan menghindari makanan berminyak dan mengandung gula berlebih karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan. 

Lalu makanan yang seperti apa yang mesti kita konsumsi?

Berikut ini kami rangkum makanan yang mengandung gizi seimbang yang sangat baik untuk tubuh. Apa saja si itu?

1. Makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein dapat membentuk otot, kulit, hormon, dan hampir semua sel dan jaringan pada sistem organ tubuh. Dalam sehari, tubuh memerlukan sekitar 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram protein untuk pria. Sebenarnya takk perlu repot mencari bahan makanan yang mengandung protein, di sekitar kita juga tersedia buanyak. Misalnya saja seperti  telur, daging tanpa lemak, oatmeal, susu, brokoli, bayam, kacang lentil, dan beberapa makanan laut seperti ikan dan udang.

2. Makanan yang mengandung lemak baik

Lemak dibedakan menjadi dua, pertama lemak jenuh dan kedua lemak tak jenuh. Lemak yang kedua inilah yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh biasanya berupa asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk tumbuh kembang otak.Dalam sehari, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik antara 44 - 77 gram. Lalu makanan seperti apa yang mengandung lemak baik? Kita bisa memanfaatkan  alpukat, kacang-kacangan (kacang almond dan kacang mete), minyak sayur (minyak zaitun dan minyak canola), selai kacang, ikan salmon, tahu, tempe, dan kacang kedelai.

3. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat dibadi menjadi dua, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Tubuh kita memerlukan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi tubuh. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga sangat mudah untuk kita cari, misalnya saja seperti Nasi, pasta, roti, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, wortel, apel, dan pisang. Kita bisa menemukan bahan makanan tersebut di pasar.

4. Makanan yang mengandung serat

Serat sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Biasanya orang yang menjalankan program diet juga memanfaatkan makanan berserat sebagai menu makanannya. Selain dapat menurunkan berat badan, serat juga bisa menjaga gula darah dan menangani konstipasi. Dalam sehari, seorang pria dianjurkan mengonsumsi makanan berserat sekitar 38 gram, sedangkan untuk wanita sekitar 25 gram. Makanan yang mengandung serat antara lain buah pir, storberi, apel, pisang, buah bit, brokoli, lentil, sereal, bubur gandum, pop corn, kacang almond, biji chia, dan ubi manis.

5. Makanan yang perlu kita hindari

Makanan yang perlu dihindari guna menjaga pola hidup sehat kita yakni makanan cepat saji dan mengandung banyak minyak dan gula. Makanan cepat saji misalnya saja seperti burger dan hot dog. Selain itu makanan kaleng juga kurang begitu baik untuk kesehatanmu. Alih-alih lidah merasa nikmat karena makanan, jantung malah demam karena kita sembarangan mengonsumsi makanan.

Demikian pembahasan kita mengenai Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada pola makan yang sehat dan gizi yang seimbang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat ok!

Referensi:

  • Alodokter.com

Post a Comment for "Budaya hidup sehat kita harus berpedoman pada?"