Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Lompat tali memperkuat otot?

Lompat tali memperkuat otot?
Lompat tali memperkuat otot?

Lompat tali memperkuat otot

Jafarull.com - Lompat tali memperkuat otot lengan dan kaki, selain itu juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Olahraga yang sangat simpel ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, karena tidak memerlukan media dan tempat yang luas. Di rumah atau halaman rumah pun masih dapat melakukan lompat tali.

Alat yang dipakai untuk lompat tali bisa berupa karet gelang yang disusun, tali karet yang panjang, dan tali panjang yang kuat (bisa beli di online shop). Umumnya tali memiliki panjang 1-2 meter, tergantung dari penggunanya. Jika yang memakai lebih tinggi tentunya akan membutuhkan tali yang lebih panjang lagi. Ditiap ujungnya terdapat pegangan yang lembut. Pegangan ini biasanya dilapisi busa untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Jika kamu ingin melakukan lompat tali, cukup lakukan 10 sampai 20 menit setiap hari. Dengan demikian kamu dapat meraih manfaat dari kegiatan lompat tali. 

Manfaat lompat tali

Dikutip dari popmama.com (05/06/2021) ada 7 manfaat lompat tali yang wajib kita ketahui. Apa saja si itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melatih otot kaki

Bagian tubuh yang menerima beban olahraga lompat tali adalah kaki. Karena kaki menjadi tumpuan dan menahan beban tubuh ketika melompat dan mendarat lagi. Biasanya bagian betis akan menjaid lebih kuat dan penyakit persendian pada kaki bakal terhindarkan.

2. Meningkatkan koordinasi tubuh

Ketika lompat tali, yang bergerak tidak hanya kaki, tetapi seluruh tubuh. Tangan mengayunkan tali, kaki menghindari tali dengan cara melompat, tubuh mencoba menyeimbangkan agar tidak jatuh terkena tali, dan otak berpikir agar semuanya bisa tetap seimbang.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin kedua di atas, bahwa otak kita ketika melakukan lompat tali juga ikut bekerja. Nah jika hal ini dilakukan setiap hari, bukan tidak mungkin kognitif kita juga ikutan naik. Karena otak akan semakin tajam ketika sering diajak berkonsentrasi dan berfikir.

4. Termasuk latihan intensitas tinggi

Mungkin dari kalian pernah berpikiran bahwa lompat tali merupakan olahraga yang biasa saja. Eiitsss,, tapi ternyata lompat tali ini termasuk olahraga intensitas tinggi loh. Hal ini karena sluruh tubuh ikut gerak semua, mulai dari atas, hingga bawah. Berbeda dengan push up ataupun sit up yang hanya memfokuskan pada otot tangan, dada, dan perut saja.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kamu sedang diet? Kalau iya, maka olahraga lompat tali dapat menemanimu nih. Latihan rutin 20 menit setiap hari dapat membakar lemak di perut, paha, hingga lengan. Pastikan imbangi juga dengan pola makan dan istirahat yang teratur ya agar hasil yang didapat lebih maksimal.

6. Menyehatkan kulit

Tubuh manusia mengeluarkan racun dan kotoran salah satunya melalui keringat. Jika kita berolahraga maka akan mengeluarkan keringat, nah saat kita berkeringat inilah kulit akan menjadi lebih sehat dan lentur. Yang terpenting adalah kita rajin menjaga kebersihan kulit agar senantiasa sehat.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

Selain melatih otot, lompat tali juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Terlebih pada tulang kaki, karena pada bagian itu menjadi bagian yang sering menerima beban. Jika kita melakukannya setiap hari maka kesehatan tulang kita akan jauh lebih baik dan tentunya terhindar dari kekeroposan tulang.

Nah demikian pembahasan singkat kita mengenai Lompat tali memperkuat otot kaki dan tangan. Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan hanya dengan olahraga lompat tali di rumah. Semoga dengan selalu berolahraga kita menjadi lebih sehat dan kuat.

Terima kasih telah membaca hingga selesai sobat, jangan lupa share ke teman-teman kamu ya agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. 

Referensi:

  • popmama.com

Post a Comment for "Lompat tali memperkuat otot?"