Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Manfaat keragaman sosial budaya

Manfaat keragaman sosial budaya

Jafarull.com - Apa si manfaat keragaman sosial budaya? Hemm Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki budaya yang beragam. Dari sabang sampai merauke, tiap daerahnya memiliki kebudayaan masing-masing. Perbedaan budaya ini juga memengaruhi kehidupan sosial masyarakatnya.

Misalnya saja masyarakat jawa yang dalam kehidupan sosialnya memiliki sikap lemah tembut. Atau masyarakat minang yang dikenal cerdas, atau masyarakat batak yang terkenal keras dan lantang dalam berbicara. 

Manfaat keragaman sosial budaya
Manfaat keragaman sosial budaya

Semua perbedaan sosial budaya ini sangat dipengaruhi oleh letak georgafis Indonesia yang terdiri dari kepulauan. Bahkan sampai ada julukan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini tak terlepas dari jutaan pulau yang membentang dari timur hingga ke barat.

Tapi dengan segala perbedaan tersebut, ada apa tidak si Manfaat keragaman sosial budaya? Hemm menarik untuk kita bahas bersama. 

Beberapa Manfaat keragaman sosial budaya Indonesia

Kebudayan Indonesia yang beragam menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi ke generasi selanjutnya. Bangga karena kita memiliki banyak sekali budaya. Tantangan karena sangat tidak mudah untuk menyatukan perbedaan dan mewarisinya ke anak cucu.

Adapun manfaat keragaman sosial budaya Indonesia yaitu:

1.  Kaya akan pengetahuan

Memiliki beragam budaya berarti memiliki pengetahuan yang berbeda pula mengenai setiap budaya yang ada. Nah kita beruntung nih tinggal di Indonesia yang memiliki banyak budaya. Karena kita jadi lebih tahu tentang budaya di setiap daerah.

2.  Identitas /  Jati diri bangsa di mata Internasional

Keragaman budaya juga bisa menjadi identitas diri bangsa di mata Internasional loh. Indonesia jadi lebih terkenal karena memiliki budaya yang beragam tetapi tetap akur. 

3.  Menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang toleran

Biasanya jika banyak perbedaan, pasti sangat mudah untuk terjadinya perpecahan. Namun berbeda dengan Indonesia. Meski kita memiliki keragaman budaya, tetapi tetap satu dalam balutan bhineka tunggal ika. Kita bisa lebih menghargai perbedaan antar sesama bangsa.

4.  Menumbuhkan sikap nasionalisme 

Sikap nasionalisme merupakan rasa cinta tanah air. Nah bagaimana bisa kita cinta tanah air jika kita tidak mencintai budaya sendiri. Maka dari itu, nasionalisme juga erat kaitannya dengan keragaman budaya. Indonesia bisa merdeka karena pejuang yang berasal dari berbagai latar belakang sosial budaya ynag berbeda.

5.  Menjadi pemersatu bangsa

Pada lambang burung garuda, terdapat tulisan Bhineka Tunggal Ika. Tulisan tersebut bermakna "berbeda-beda, tapi tetap sama". Keragaman budaya Indonesia akan terus mengarah pada persatuan bangsa. 

Dengan mengetahui dan mengamalkan hal-hal tersebut, maka dapat menghindarkan dari perpecahan dan perseteruan akibat bedanya suku, kepercayaan, agama, ras, dan sosial budaya. Kita selalu ingin NKRI utuh tak terpecah belah. Agar anak cucu kita nanti tetap bisa merasakan keragaman budaya Indonesia yang kental akan toleransi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat keragaman sosial budaya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat keragaman sosial budaya"