Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena

Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena
Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena

Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena?

Jafarull.com - Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena air tidak dapat masuk ke dalam tanah secara maksimal akibat tertutup oleh beton. Siklus ini dinamakan infiltrasi, jika air tidak dapat masuk ke dalam tanah maka dapat mengakibatkan genangan bahkan banjir.

Lalu apa itu infiltrasi? Infiltrasi merupakan proses air masuk ke dalam tanah melalui permukaan tanah dengan gaya gravitasi dan gaya kapiler. Infiltrasi terjadi karena adanya pori-pori tanah atau celah di setiap batuan (lihat pada gambar di atas). Air yang masuk ke tanah, akan ditampung dan menjadi cadangan air tanah di bagian lapisan aquifer.

Proses Infiltrasi

Ketika hujan turun membasahi bumi, maka ada dua aliran air yang bekerja. Pertama airnya akan menuju sungai, kemudian diteruskan menuju laut. Kedua airnya akan terserap ke dalam tanah. Jumlah air yang terserap atau dialirkan ke tanah ini tergantung dari daerah masing-masing.

Misalnya saja di kota besar yang dihiasi gedung pencakar langit, ketika hujan maka tanah di sana akan kesulitan menampung air shingga hanya mengandalkan aliran sungai saja dan ini menjadi sangat mudah untuk terkena banjir. 

Berbeda jika di daerah hutan, pegunungan yang masih memiliki pepohonan. Air akan sangat mudah untuk terserap tanah karena akar pohon bisa menjadi pengikat yang sangat kuat. Oleh karena itu, sangat jarang terjadi banjir di daerah yang masih memiliki banyak pohon.

Begitu pentingnya keseimbangan alam ini, maka kita harus menjaganya. Tanami pohon di daerah perkotaan dan pemukiman padat penduduk agar udara menajdi lebih bersih dan sehat serta dapat mencegah dari bencana alam. 

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat sobat, terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk share ke teman-teman mu agar mereka juga tahu apa yang kamu tahu.

Post a Comment for "Melapisi jalan raya dengan beton dapat mempengaruhi siklus air karena"