Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran

Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran
Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran

Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran

Jafarull.com - Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran kimiawi. Pencemaran kimiawi merupakan pencemaran yang diakibatkan oleh zat-zat kimia, seperti limbah industri, detergen, zat pewarna, karbon dioksida, dan lain sebagainya.

Hal yang paling sering kita jumpai adalah pembuangan limbah industri ke sungai yang merusak dan mencemari sungai. Sehingga sungai menjadi kotor dan kehidupan didalamnya menjadi mati. Selain itu ada juga penggunaan deterjen, ketika selesai mencuci, ada saja tingkah menyiramkan air sisa deterjen ke tanaman sehingga tanaman menjadi mati. Ada pula yang membuangnya di kebun dan membuat tanah sekita menjadi kurang subur.

Baca Juga: 

1. Zat Penyebab Pencemaran

2. Pencemaran Karena Bakteri disebut?

3. Sampah Plastik Bisa Mencemari Tanah Karena?

Pencemaran kimiawi saat ini agak susah untuk dihindari. Tak hanya di kota, di desa juga sudah mulai tercemar. Masyarakat kini lebih memilih memakai bahan yang mengandung kimia seperti pada pupuk, plastik, deterjen, bahkan bumbu pada makanan saja ada yang mengandung bahan kimia. Walaupun kita bisa mengontrolnya dan memakainya sesuai kebutuhan saja, tetapi dalam waku jangka panjang pasti bakalan merusak lingkungan dan alam sekitar.

Contoh pencemaran Kimiawi

Contoh pencemaran kimiawi pada udara

Polusi udara disebabkan karena tercampurnya gas seperti CO, sulfur, dan karbondioksida dengan udara normal. Polutan atau senyawa pencemar pada udara jadi dua, yakni senyawa pencemar primer dan sekunder. Senyawa pencemar primer ialah pencemar yang datang dari sumbernya langsung. Senyawa pencemar sekunder ialah senyawa pencemar yang datang dari reaksi antarsenyawa di udara.

Contoh pencemaran kimiawi pada Tanah

Pencemaran pada tanah terjadi karena adanya senyawa kimia yang masuk ke dalam tanah sehingga membuat kualitas tanah menurun. Misalnya saja penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat membuat tanah menjadi rusak, pembuangan sampah dan sisa pembakaran sampah plastik ke dalam tanah, pembuangan sampah industri ke tanah, dan pembuangan zat kimia berbahaya yang mengancam kesuburan tanah. 

Contoh pencemaran kimiawi pada Air

Pencemaran air biasanya terjadi karena adanya pembuangan limbah ke sungai. Misalnya saja membuang limbah industri ke sungai yang dapat mencemari air, membuang sampah plastik dan benda yang mengandung zat kimia ke sungai, dan membuang sampah ke sungai secara besar-besaran. Contoh sederhana adalah sampah pempes bayi, yang jelas-jelas mengandung senyawa kimia dan dapat merusak ekosistem sungai.

Post a Comment for "Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran"