Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sakit perut bagian bawah

Sakit perut bagian bawah

Jafarull.com - Siapa si yang ingin merasakan sakit? Semua orang pasti ingin tetap sehat bugar bukan? Memang jika kita sakit semua terasa tidak enak, bahkan makanan yang lezat sekalipun ketika dimakan akan menjadi tidak enak. Tidur juga akan kurang nyenyak karena tubuh merasakan sakit yang amat.

Penyakit yang kadang dianggap biasa adalah sakit perut bagian bawah. Penyebabnya beragam, mulai dari adanya infeksi di bagian tubuh tertentu seperti tulang panggul, kandung kemih, atau usus besar, hingga mengalami penyakit berat. Untuk lebih mengetahui penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini ya.

Sakit perut bagian bawah
Sakit perut bagian bawah

Penyebab sakit perut bagian bawah pusar

Dikutip dari alodokter.com (04/06/2021) ada beberapa penyebab yang memungkinkan bisa menimbulkan sakit perut bagian bawah, diantaranya yakni:

  • Sakit perut akibat menstruasi
  • Ovulasi
  • Kehamilan ektopik
  • Keguguran
  • Penyakit radang panggul
  • Kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium
  • Endometriosis
  • Abrupsi plasenta atau gangguan lain pada plasenta saat hamil
  • Miom atau uterine fibroid
  • Gangguan pada serviks, seperti infeksi atau kanker, Kanker rahim, 
  • Radang saluran tuba atau salpingitis

Selain itu, kalian perlu mewaspadai juga rasa sakit pada perut bagian bawah. Karena jika kita tledor, kita sendiri yang bakalan kerepotan mengatasi dan mengobatinya. Dikutip dari halodoc.com (04/06/2021) ada beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit perut bagian bawah.

1. Crohn's Disease

Pernah dengar penyakit Crohn? Penyakit ini adalah infeksi usus akut yang mengakibatkan perdangan pada susunan dinding system pencernaan (mulut sampai anus). Tetapi, kebanyakan penyakit Crohn seringkali terjadi pada usus besar dan usus halus.

2. Masalah Pencernaan

 pemicu perut bagian bawah sakit bisa juga diakibatkan oleh masalah pencernaan. Kalau masalahnya masih ringan, bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi jika sakit perut bagian bawah dibarengi dengan tanda-tanda seperti muntah-muntah, diare, lemah lesu, kalian wajib menghubungi dokter dan jangan menganggap sepele.

3. Kista Ovarium

Apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata kista? Kaum hawa? Kista ovarium ini dapat diakibatkan karena perkembangan sel yang abnormal (kista patologis). Ngerinya lagi jika kista yang dialami ini bersifat ganas, karena dapat berakibat buruk.

Seorang wanita yang alami kista ovarium biasanya akan merasa ngilu atau sakit di perut sisi bawah. Merasa sakit ini dapat lenyap dan muncul, dimulai dari yang enteng sampai kronis.

4. Radang Prostat

Radang prostat dapat menjadi pemicu perut sisi bawah sakit. Keadaan ini terjadi saat kelenjar prostat alami infeksi. Tanda-tanda yang biasa dirasakan saat terkena penyakit ini yakni sakit saat buang air kecil dan ngilu disekitaran testis, selain ia merasakan sakit perut bagian bawah.

5. Radang Panggul

Sama dengan ke-4 keluh kesah di atas, radang panggul bisa juga mengakibatkan sakit di perut sisi bawah. Radang panggul ini merujuk pada infeksi yang terjadi pada organ dalam wanita. Persisnya yang ada di sekitaran panggul, termasuk rahim, tuba falopi, indung telur, dan leher rahim. Tanda-tanda yang diakibatkan oleh penyakit ini biasanya timbulnya merasa sakit pada perut sisi bawah.

6. Masalah Ginjal atau Kandung Kemih

Keluh kesah atau penyakit pada ginjal dan kandung kemih umumnya dapat mengakibatkan rasa sakit di perut sisi bawah. Satu diantara macam masalah ginjal yang umum mengakibatkan keadaan ini, misalnya batu ginjal. Batu ginjal ini dapat munculkan merasa sakit yang semakin makin tambah meluas sampai ke sisi belakang perut bawah. Disamping itu, karsinoma kandungan kemih dan infeksi aliran kencing serius dapat mengakibatkan sakit di perut sisi bawah.

7. Usus Buntu

Ngilu pada perut dapat ditandai sebagai tanda-tanda pokok dari penyakit usus buntu. Ngilu ini dikenal dengan kolik abdomen. Seorang yang menderita usus buntu biasanya rasakan ngilu di bagian pusar dan mengarah ke sisi kanan bawah perut. Namun, status ngilu ini dapat berbeda pada setiap penderitanya. Semua tergantung pada status dari usus buntet dan umur penderitanya.

Cara mengobati sakit perut bagian bawah

Cara yang tepat untuk mengoati sakit perut bagian bawah adalah dengan memeriksanya kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyakit serius yang timbul dan juga sebagai langkah awal pencegahan penyakit berta.

Biasanya dokter akan melakukan screening terlebih dahulu, kemudian memberikan penanganan tepat sesuai keluhan penderita. Setelah itu barulah dokter membuat resep obat untuk penderita.

Obat yang diberikikan biasanya berbeda sesuai dengan usia dan gejala yang muncul. Jadi jangan sungkan untuk terus memeriksakan kesehatanmu ke dokter ya. Demi tubuh selalu sehat dan aktivitas yang nyaman. 

Referensi:

  • alodokter.com
  • halodoc.com

Post a Comment for "Sakit perut bagian bawah"