Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut

Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut
Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut

Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut

Jafarull.com - Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut polutan. Polutan merupakan zat yang dapat membuat lingkungan (tanah, air, udara) menjadi tercemar. Seedangkan proses masuknya zat ke dalam lingkungan dinamakan polusi. 

Misalnya saja ketika kita membakar sampah plastik, dari hasil pembakaran tersebut menciptakan sebuah zat berupa Carbon dioksida dan abu yang mengandung racun. Zat Carbon dioksida merupakan polutan, yang kemudian menyebabkan pencemaran lingkungan udara dan disebut sebagai polusi udara. Abu yang mengandung racun merupakan polutan, yang kemudian menyebabkan pencemaran lingkungan tanah dan dinamakan polusi tanah. 

Suatu zat dinamakan sebagai polutan jika jumlahnya melebihi batas normal, berada di tempat yang tidak tepat dan di waktu yang tidak pas. Zat ini dapat merusak lingkungan dan menyebabkan penurunan kualitas lingkunagn. Apalagi jika dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sangat lama, pasti dapat merusak lingkungan dan berbahaya bagi kehidupan manusia.

Misalnya lagi nih, di kota kota besar yang terdapat buanyak kendaraan bermotor. Pasti sangat sesak dengan Carnon Dioksida. Jika jumlahnya kurang dari 0,033% masih bisa dikatakan aman dan bermanfaat untuk tumbuhan khususnya pepohonan. Tapi jika jumlahnya melebihi 0,033% maka dapat merusak kualitas udara dan pepohonan yang hidup. 

Baca Juga:

1. Pencemaran Karena Bakteri disebut?

2. Sampah Plastik Bisa Mencemari Tanah Karena?

3. Pencemaran Karena Logam Berat disebut?

Secara sederhana (bahasa gampangnya), Polutan adalah zat yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Sedangkan polusi merupakan proses pencemaran yang terjadi pada lingkungan kita. Bisa di air, tanah, ataupun udara.

Sebagai makhluk hidup yang berakal hendaknya kita selalu menjaga keadaan bumi. Mulailah dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri, kemudian lingkungan masyarakat. 

Semoga artikel tentang Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut poluta dapat memberikan manfaat dan gambaran untuk sobat semua ya. Selalu ingat untuk tetap jaga lingkungan dengan baik dan jangan lupa share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut"