Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

10 kegiatan ekonomi bidang jasa beserta penjelasannya

10 kegiatan ekonomi bidang jasa

Jafarull.com - Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan sandang pangan dan papan untuk bertahan hidup. Semua kebutuhan ini didasarkan pada Kegiatan ekonomi. Kalau di masa sekarang, kegiatan ekonomi yakni memutarkan uang melalui jual beli.

Tanpa adanya kegiatan jual beli, maka tidak ada aktivitas ekonomi. Oh iya, kegiatan ekonomi bukan hanya jual beli produk saja, tetpi juga ada yang melalui jasa. Yap, menjual jasa kepada seseorang yang membutuhkan. 

10 kegiatan ekonomi bidang jasa beserta penjelasannya
10 kegiatan ekonomi bidang jasa beserta penjelasannya

Nah pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai 10 kegiatan ekonomi bidang jasa. Kegiatan ekonomi ini mungkin sering kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita kurang menyadarinya.

10 Kegiatan Ekonomi Bidang Jasa di kehidupan sehari-hari

1. Penginapan

Jasa penginapan menyediakan tempat tinggal untuk orang yang membutuhkan. Biasanya orang yang membutuhkan jasa penginapan ini adalah perantau atau orang yang sedang bepergian jauh. Misalnya saja mahasiswa yang nge-kost, wisatawan yang berlibur dan menginap di hotel, karyawan yang mengontrak di luar kota, dan lain sebagainya.

2. Pemandu Wisata

Pernah tidak kamu pergi berwisata ke suatu tempat? Nah biasanya saat berwisata ada orang yang memandu kan? Pemandu wisata menjadi salah satu kegiatan ekonomi bidang jasa karena menyediakan jasa berupa pengetahuan mengenai tempat wisata yang dikunjungi. 

3. Tukang Cukur

Siapa si yang tidak pernah mencukur rambut? Tukang cukur menjual jasa berupa keahlian memotong rambut. Tidak mungkin dong mau motong rambut sendiri? Yang ada malah jadi botak sebelah nanti, hehe. Keahlian, ketelitian, dan kerapin menjadi kunci utama seseorang bisa menjajakan jasa tukang cukur.

4. Tukang Angkut Barang (tukang songgol)

Tukang angkut barang biasanya ada di pasar-pasar tradisional. Para pedagang yang membawa dagangan sangat banyak biasanya memakai jasa angkut barang. Upahnya tergantung dari jumlah barang yang dibawa dan berat dari barang tersebut. 

5. Tukang Ojek

Hayo siapa yang belum pernah naik ojek? Hehee sultan sekali hidupmu. Tukang ojek menawarkan jasa mengangkut barng sekaligus orangnya dan mengantar sampai ke tujuan. Tukang ojek biasanya menggunakan sepeda motor ataupun bentor (becak motor) sebagai alat transportasi.

6. Pengiriman Online

Hemm pernah belanja online? Biasanya mengirim barang pakai ekspedisi apa? Hehe santai ga usah dijawab. Pengiriman online menyediakan jasa berupa mengirimkan barang dari tempat A ke tempat Z sesuai alamat tujuan. Nah perusahaan tersebut termasuk bergerak di bidang jasa. 

7. Laundry

Hayo ngaku di sini yang masih nyuci baju sendiri siapa? Hehe kamu hebat! Mandiri banget! Ehh tapi bukan itu yang mau kita bahas. Laundry merupakan jasa mencuci pakaian seseorang. Orang yang membutuhkan jasa ini biasanya orang yang sibuk, mendesak, tidak mau ribet, dan malas mencuci baju sendiri. Upah yang diberikan biasanya tergantung dari berat pakaian yang dicuci.

8. Tambal Ban / Bengkel

Montir atau orang yang bekerja di bengkel, memberikan jasa reparasi kendaraan bermotor. Misalnya saja terjadi kerusakan pada ban sepeda motor, maka seorang montir akan melakukan pembongkaran ban dan mulai menambalnya. Bisnis ini tergolong bisnis bidang jasa.

9. Servis Elektronik

Servis Elektronik juga sama seperti bengkel di atas sob. Menjajakan jasa berupa memperbaiki komponen elektronik yang rusak. Biasanya ada servis hp, laptop, tv, ac, kulkas, dan lain sebagainya.

10. Tukang Parkir

Nah loh siapa yang tidak tahu mengenai tukang parkir? Menghilang ketika kita datang dan muncul ketika kita pulang? Hehee sabar sob. Tukang parkir menawarkan jasa memarkirkan kendaraan dengan rapik, baik, dan aman. Sehingga pemilik kendaraan bisa terbantu ketika nyabrang atau berbelok. 

11. Tukang Pijat

Tukang pijat menawarkan jasa memijat kepada orang lain. Biasanya orang yang memakai jasa ini adalah orang yang kelelahan, pegal-pegal, dan lain sebagainya. Tarifnya tergantung masing-masing pemijat / tempat perusahaan pijat. 

12. Guru

Guru termasuk bidang jasa karena memberikan pelayanan berupa skill mengajar dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Yaah meski di Indonesia guru honorer masih mendapat honor tak seberapa, tapi mereka patut diacungi jempol karena mampu bertahan dari berbagai tekanan yang datang.

13. Dokter 

Dokter juga termasuk bidang jasa sob, karena dokter menawarkan jasa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Misal kamu sakit, dokter akan memeriksa kondisimu dan mendiagnosa penyakit yang sedang kamu derita. 

Bagaimana? Sekarang sudah makin tahu kan mengenai kegiatan ekonomi di bidang jasa? Tak hanya menjual barang saja, tapi juga bisa menjual jasa. Dan contoh di atas sudah sangat kental di kehidupan sehari-hari.

Sekian artikel mengenai 10 kegiatan ekonomi bidang jasa beserta penjelasannya. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan ya. Jangan ragu untuk share ke teman mu jika dirasa bermanfaat. 

Post a Comment for "10 kegiatan ekonomi bidang jasa beserta penjelasannya"