Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Bagaimana cara kita menghemat penggunaan sumber daya alam? jelaskan!

Bagaimana cara kita menghemat penggunaan sumber daya alam? jelaskan!

Jafarull.com - Mungkin diantara kalian pernah menemukan soal ulangan dengan pertanyaan seperti ini, Bagaimana cara kita menghemat penggunaan sumber daya alam? jelaskan! Oke jika kalian pernah menjumpai soal tersebut, maka beruntunglah karena kami akan membahasnya untuk kalian semua.

Kita semua tahu kalau sumber daya alam jumlahnya sangat terbatas. Jika digunakan secara terus menerus maka bisa habis. Contoh sederhana sumber daya alam berupa minyak bumi. Manusia akan mengeruk minyak bumi dengan cara menambangnya sampai di tempat tersebut habis. Kalau habis, maka akan mencari lokasi lain yang ada minyak buminya. 

Bagaimana cara kita menghemat penggunaan sumber daya alam? jelaskan!
Cara menghemat penggunaan sumber daya alam

Hal ini yang dapat membuat persediaan minyak bumi menjadi menipis. Karena hanya ada di tempat-tempat tertentu saja. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk hemat dalam penggunaan sumber daya alam. Bagaimana si cara menghemat sumber daya alam? Simak ulasannya berikut ini.

Cara menghemat sumber daya alam antara lain 

1. Menggunakan energi alternatif.

Energi alternatif saat ini sedang gencar dikembangkan. Misalnya saja energi bahan bakar minyak untuk menggerakkan kendaraan, sekarang sudah mulai berinovasi beralih ke tenaga listrik atau gas. Dari beberapa tahun sebelumnya, memang sudah booming mengenai kendaraan listrik guna menekan polusi dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil.

2. Menggunakan sumber daya alam sesuai kebutuhan. 

Kita bisa memulai untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam dari lingkungan keluarga. Minimal keluarga kita sendiri dapat aktif meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil. Misalnya pergi ke kompleks dengan jalan kaki ataupun naik sepeda, kemudian mengurangi penggunaan tisu dan kertas, kemudian mengurangi penggunaan listrik. Manfaat yang kita dapat tentunya hemat biaya dan kita lebih sehat karena tubuh bergerak aktif setiap hari.

3. Tidak mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. 

Sudah sepantasnya manusia menjaga kedamaian di muka bumi ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni tidak mengeksploitasi sumber daya alam. Mengeruk sumber daya alam yang ada tanpa menghiraukan kelangsungan hidup alam sekitar. Meski rusak parah, tetap saja dihajar habis. Jangan jadi seperti itu ya, karena tidak baik, bisa-bisa kita tertimpa bencana alam.

4. Menciptakan kembali sumber daya alam yang dapat diperbaharui. 

Memang benar, bahan bakar fosil itu tidak bisa diperbarui. Tapi kita bisa memperbarui beberapa sumber daya alam seperti menanami hutan agar tidak gundul. Dengan begitu, kehidupan alam juga akan lebih seimbang.

5. Menerapkan prinsip 3R yaitu reduce, reuse dan recicle.

Prinsip pertama reduce adalah kegiatan yang dapat mengurangi dan mencegah tibulan sampah. Prinsip kedua reuse adalah kegiatan penggunaan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau yang lain. Prinsip ketiga recycle adalah kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru.

Demikian artikel tentang cara menghemat sumber daya alam. Tak henti-hentinya kami senantiasa mengingatkan agar kita semua jangan membuat kerusakan di muka bumi. Agar kehidupan di bumi menjadi lebih baik dan nyaman ditempati.

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk kita semua sobat. Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk share ke teman-teman kalian ya.

Post a Comment for "Bagaimana cara kita menghemat penggunaan sumber daya alam? jelaskan!"