Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh kalimat penjelas dan penegas beserta penjelasannya

Contoh kalimat penjelas dan penegas

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai contoh kalimat penjelas dan penegas. Kami akan memaparkannya disertai dengan penjelasan singkat agar kalian bisa memahaminya sobat. 
Contoh kalimat penjelas dan penegas beserta penjelasannya
Contoh kalimat penjelas dan penegas beserta penjelasannya

Contoh pertama, tentang budaya

Budaya Indonesia sangat beragam, hal inilah yang membuat Indonesia kaya akan budayanya (1). Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita harus mengetahui apa saja budaya yang ada (2). Mulai dari keseniannya, tariannya, hingga makanan khasnya (3). Kurang lengkap rasanya jika kita hanya tahu satu budaya padahal kita hidup di tengah negeri yang penuh akan budaya (4). Sebagai generasi penerus, kita juga harus menjaga budaya Indonesia (5). Jangan sampai bangsa lain mengklaim budaya yang kita miliki sebagai budayanya (6). Sudah sepantasnya kita menjaga warisan budaya Indonesia yang beragam (7). Keberagaman budaya Indonesia memberikan ilmu pengetahuan yang lebih bagi bangsa Indonesia (8).

Penjelasan

Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan dengan nomor (1). Topik utamanya mengenai kergaman budaya Indonesia.

Kalimat penjelasnya ditunjukkan oleh nomor (2) hingga (7). Karena memuat penjelasan-penjelasan mengenai topik yang dibicarakan. 

Sedangkan kalimat penegas berada di akhir paragraf dan ditunjukkan dengan nomor (8). Kalimat kedelapan berisi penegasan kembali mengenai topik yang dibicarakan. Pada paragraf di atas topiknya tentang keragaman budaya Indonesia, kemudian diulang kembali pada akhir kalimat bahwa keragaman budaya memberikan ilmu pengetahuan yang lebih bagi bangsa Indonesia.

Contoh kedua, tentang Jakarta kota perdagangan

Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia sekaligus sebagai kota perdagangan (1). Lokasinya yang sangat strategis, membuat Jakarta mudah diakses melalui jalan laut maupun udara (2). Bahkan saat masa kerajaan masih menduduki Nusantara, Jakarta yang masih bernama Batavia itu sudah dijadikan tempat bersinggah para pedagang (3). Pedagang dari penjuru dunia menggunakan jalur laut melaluibselat Sunda dan bersandar ke dermaga (4). Maka tak mengherankan jika sampai saat ini kota tersebut masih dijadikan sebagai kota perdagangan, karena lokasinya yang strategis dan juga menjadi jantungnya Indonesia (5). 

Penjelasan

Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor (1). Topik utamanya adalah tentang kota Jakarta yang merupakan kota perdagangan.

Kalimat penjelas pada paragraf di atas yakni ditunjukkan dengan nomor (2), (3), dan (4). Kegita kalimat tersebut menjelaskan mengenai seperti apa kota Jakarta, mengapa digunakan sebagai kota perdagangan, hingga sejarah perdagangan di Nusantara melalui Jakarta.

Sedangkan kimat penegs ditunjukkan dengan nomor (5). Kalimat tersebut menegaskan kembali isi topik yang membahas mengenai kota Jakarta yang menjadi kota perdagangan dan ibu kota Indonesia.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai contoh kalimat penjelas dan penegas, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan sungkan untuk share ke teman kalian sobat apabila artikel kali ini bermanfaat. 

Post a Comment for "Contoh kalimat penjelas dan penegas beserta penjelasannya"