Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah adalah?

Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah adalah

Jafarull.com - Tumbuhan umumnya bisa beradaptasi dan dapat tumbuh di longkungan manapun. Ya meskipun hasilnya mungkin akan kurang sempurna. Karena beberapa tumbuhan memang hanya cocok ditanam di dataran rendah atau di dataran tinggi saja. 

Biasanya kalau tumbuhan yang subur ditanam di dataran rendah dan menghasilkan buah / bung yang baik, maka hasilnya akan kurang baik ketika ditanam di dataran rendah. Karena tumbuhan memerlukan suhu yang berbeda agar ia bisa berproduksi. 

Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah adalah?
Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah adalah?

Lalu jenis tumbuhan apa saja yang cocok ditanam di dataran rendah? Berikut ini kami sajikan ulasannya untuk kalian semua.

Padi

Padi merupakan tanaman biji-bijian yang dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Padi yang ditanam di dataran rendah, hasilnya akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan padi yang ditanam di dataran tinggi. Biji padinya akan lebih besar, lebih bersih / tidak pucat, dan ketika diolah menjadi nasi, nasinya lebih coolant.

Jagung

Jagung biasanya dijadikan sebagai makanan pokok atau olahan makanan ringan. Biasanya perkebunan jagung berada di dataran rendah, karena hasil yang didapat jauh lebih manis dan kualitasnya ok. Walaupun jagung juga bisa ditanam di dataran tinggi dan pegunungan, tapi hasilnya akan kurang bagus. Hasilnya kecil-kecil.

Palawija

Palawija merupakan sebutan untuk tanaman pokok yang ditanam setelah padi. Jadi selain menanam padi, petani juga menanam tanaman lain seperti talas, wortel, oyong, dll. Sehingga petani mendapatkan dua hasil panen sekaligus. 

Bunga anggrek

Bunga anggrek menjadi tanaman hias yang kini dibudidayakan. Tumbuhan ini akan lebih cocok dibudidayakan di dataran rendah. Hal ini karena ia memerlukan suhu yang agak hangat. 

Bunga mawar

Dikenal memiliki warna yang indah dan kelopak bunga yang cantik. Ada jenis mawar liar dan ada pula mawar hias yang dibudidayakan. Mawar memerlukan udara sejuk agar ia mampu tumbuh dengan baik. 

Bunga lily

Bunga lily banyak dijumpai di daratan eropa. Habitatnya di dataran rendah, tapi ia juga mampu beradaptasi dan bertahan hidup di habitat hutan dan gunung. Bunga lily memiliki jenis yang sangat beragam. Diantaranya ada lily ungu, lily bangkok, lily kuning, lily biru, dan lain sebagainya.

Buah jeruk

Tumbuhan jeruk cocok ditanam di dataran rendah. Buahnya identik berwarna kuning ketika matang. Di beberapa jenis, daun jeruk dijadikan sebgai penetral bau amis pada masakan. 

Leci

Hem siapa si yang tidak tau leci, buah berkulit merah ini memang sangat menggoda. Daging buahnya berwarna putih, rasanya juga manis. Habitat leci yakni di daerah tropis seperti Indonesia. Maka tak mengherankan jika kita bisa menemukannya di negar tercinta ini.

Pisang

Apa yang kamu pikirkan kalau mendengar kata pisang? Monyet? Kuning? Hehe, benar semua kok sob. Pisang memang menjadi makanan kesukaan monyet. Tumbuhan yang satu ini juga dibudidayakan untuk keperluan industri. Pisang sangat tumbuh dengan baik jika dibudidayakan di dataran rendah sob. 

Nanas

Nanas memiliki jambul di atas buahnya. Rasa buahnya manis asam melebur jadi satu. Nanas paling pas dibudidayakan di dataran rendah sob. Karena buah yang dihasilkan tidak terlalu asam. Kalau ditanam di dataran tinggi, buahnya akan asam karena tanah di dataran tinggi mengandung banyak air.

Mangga

Buah mangga memiliki rasa manis dan bau yang harum. Nah klau kalian menanam mangga di pegunungan kemungkinan berbuah itu sangat kecil sob. Karena mangga lebih suka tempat dengan suhu hangat.

Rambutan

Rambutan bisa kita temui di tempat yang suhunya lebih hangat. Rambutan akan sulit untuk berbuah jika ditanam di daerah tinggi seperti pegunungan sob. Mangkanya lebih cocok ditanam di daerah rendah saja.

Demikian artikel singkat mengenai Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua. 

Jangan lupa untuk share ke teman kalian jika artikel kali ini bermanfaat sob.

Post a Comment for "Jenis tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah adalah?"