Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi adalah

Jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi adalah?

Jafarull.com - Pernahkah kalian berpikir bahwa seluruh tanaman dapat tumbuh di semua kondisi? misalnya tanaman jeruk yang bisa bertahan hidup di dataran tinggi dan dataran rendah. Nah ternyata ada loh beberapa tanaman yang memang hanya cocok untuk ditanam di dataran tinggi saja. 

Dataran tinggi biasanya bersuhu rendah dan relatif lebih dingin. Umumnya tanah di dataran tinggi merupakan tanah gembur. Oleh karena itu, di dataran tinggi lebih cocok untuk tanaman sayur-sayuran. 

Jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi adalah
Jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi adalah

Masih bingung jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi? Simak saja ulasan berikut ini. Kami akan bahas beberapa referensi tumbuhan yang dapat kalian tanam.

Wortel

Apa yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata wortel? makanan kelinci? vitamin A? warna orange? apa lagi? hehe. Wortel menjadi sayuran yang sangat cocok ditanam di dataran tinggi. Ia dapat tumbuh subur dan cepat berkembang. Bagian yang dapat dimakan yakni bagian umbi atau bagian akarnya yang berwarna orange. Meskipun rasanya manis langu, tapi sayuran yang satu ini memiliki buanyak manfaat untuk tubuh.

Buncis

Tanaman yang satu ini termasuk dalam keluarga polong-polongan. Biasanya orang akan memanfaatkan daun, biji, dan buahnya untuk bahan sayuran. Bentuknya sangat mirip dengan kacang panjang, hanya saja buncis tidak terlalu panjang ya sob.

Kentang

Kentang termasuk jenis umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai pengganti nasi. Hal ini karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat banyak. Selain itu, kentang bisa juga diolah menjadi makanan ringan atau bahkan dijadikan sebagai campuran sayuran. 

Kubis / kol

Kubis atau kol merupakan sayuran komoditas di dataran tinggi. Rata-rata petani yang berada di dataran tinggi pasti menanam kubis. Selain manfaatnya yang luar biasa, sayuran yang satu ini juga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Selada

Selada biasanya digunakan sebagai sayuran untuk lalapan. Pengolahannya cukup dikukus kemudian dicocol ke sambal, rasanya juga enak banget sob. Apalagi sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak.

Caisim / Sawi hijau

Hemm biasanya kamu makan sayur ini dengan apa? Baso? Mie ayam? Hehe memang benar kalau caisim sering dijadikan campuran baso dan mi ayam. Maka tak heran jika caisim juga disebut dengan sawi baso. 

Teh

Tumbuhan teh biasanya ditanam di dataran tinggi yang memiliki suhu rendah nan dingin. Daunnya dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang menyegarkan. 

Apel

Tumbuhan apel ada yang sangat cocok dengan dataran tinggi nih sob. Contoh saja kebun apel yang berada di Malang Jawa timur. Di kota Batu Malang terdapat kebun apel Green Smith atau apel hijau. Di sana sangat subur sekali sob, mungkin unsur tanah juga memengaruhi kesuburan tanaman.

Strawberry

Siapa si yang tidak tergoda dengan merah meronanya buah strawberry? Buah ini masuk kategori beri-berian. Rasanya manis asam dengan buah berwarna merah. Tumbuhan ini juga cocok ditanam di dataran tinggi, misalnya saja di kebun strawberry yang berada di Serang, Pratin, Purbalingga. Di sana tumbuhan ini sangat subur dan buahnya juga besar-besar. 

Kopi

Tumbuhan kopi masuk kategori biji-bijian. Biasanya dimanfaatkan bijinya untuk diolah menjadi minuman kopi. Tanaman ini biasanya dapat dijumpai di pegunungan atau daerah dengan dataran tinggi. 

Jeruk 

Jeruk yang biasanya ditanam di dataran tinggi adalah jenis keprok. Jenis ini terbagi lagi menjadi beberapa, tapi semuanya bisa kok tumbuh baik di dataran tinggi. Kalau kalian hendak mencoba membudidayakan, tak ada salahnya untuk mencoba jeruk jenis ini. Satu dua atau tiga pohon cukuplah untuk memulai di samping rumah. 

Sebenarnya masih sangat banyak sob tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi. Kami hanya mengulas sebagian kecil saja sebagai bahan referensi untuk kalian. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Jangan sungkan untuk share ke teman kamu ya. 

Post a Comment for "Jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di dataran tinggi adalah"