Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kalimat Penegas Adalah? Contoh kalimat penegas dalam sebuah paragraf beserta penjelasannya

Kalimat Penegas Adalah

Jafarull.com - Paragraf dalam bahasa Indonesia terdiri dari kalimat utama, kalimat penjelas, dan kalimt penegas. Ketiga unsur ini menyatu padu dan tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk paragraf yang baik dan lengkap. 

Kalimat penegas adalah
kalimat penegas adalah

Kalimat Penegas di dalam sebuah paragraf tidak harus ada. Kehadirannya untuk memperjelas topik utama agar topik tersebut menjadi lebih menonjol. 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, kalimat penegas adalah kalimat yang berada di akhir paragraf dan berfungsi untuk memperjelas topik utama yang dibahas dalam paragraf tersebut. Kalimat penjelas tidak harus ada dalam sebuah paragraf, tergantung dari topik yang dibahas dan situasinya. 

Contoh kalimat penegas dalam sebuah paragraf

Burung pelatuk terkenal dengan paruhnya yang kuat sehingga mampu melubangi batang kayu (1). Paruh burung pelatuk lebih panjang dari pada patuh burung pada umumnya (2). Burung pelatuk mematukkan paruhnya ke pohon untuk mencari makanan berupa larva, tapi ada juga yang membuat lubang sebagai tempat penyimpanan makanan dan tempat bersarang (3). Meski kebiasaannya mematuk pohon ini, tapi ia tidak akan merasa sakit karena paruhnya sangat kuat dan tengkoraknya juga unik serta kuat (4). Tengkoraknya dilindungi oleh lapisan yang kuat dan tebal (5). Inilah keistimewaan burung pelatuk yang dikaruniai paruh panjang dan kuat serta tengkorak dan lapisan pelindung tengkorak yang tebal (6).

Penjelasan

Kalimat utama paragraf di atas ditandai dengan nomor (1).

Kalimat penjelas paragraf di atas ditandai dengan nomor (2), (3), (4), dan (5).

Sedangkan kalimat Penegas ditandai dengan nomor (6).

Kalimat pada nomor (6) menjelaskan kembali topik pada paragraf di atas. Topiknya kan tentang burung pelatuk yang memiliki paruh kuat dan mampu melubangi pohon. Pada kalimat nomor (6) dijelaskan kembali mengenai kekuatan burung pelatuk dan sebab ia tak merasa sakit meski mematukkan paruhnya ke pohon.


Post a Comment for "Kalimat Penegas Adalah? Contoh kalimat penegas dalam sebuah paragraf beserta penjelasannya"