Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kalimat penjelas adalah? Contoh kalimat penjelas beserta pembahasannya!

Kalimat penjelas adalah?

Jafarull.com - Kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi penjelasan mengenai topik atau kalimat utama. Biasanya terdapat pada kalimat kedua, ketiga, dst. pada sebuah paragraf. 

Mencari kalimat penjelas dalam sebuah paragraf tidaklah sulit. Kita hanya perlu mengetahui topik / kalimat utama yang dibahas saja, kemudian dapat dipastikan kalimat yang lainny adalah kalimat penjelas. 

Kalimat penjelas adalah
kalimat penjelas adalah

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan contoh berikut ini. 

Contoh kalimat penjelas dalam sebuah paragraf induktif

Buah yang satu ini terkenal dapat mengobati berbagai macam penyakit (1). Misalnya saja dapat menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, hingga mencegah penyakit jantung (2). Tekstur daging buahnya yang emuk dan airnya yang segar, sering dijadikan sebagai bahan campuran minuman seperti es buah (3). Selain itu, tempurungnya dan kulit buahnya bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk membuat api (4). Beragam manfaat yang bisa kita rasakan dari buah kelapa, sudah sepantasnya kita bersyukur atas tanah subur yang dipenuhi pohon kelapa (5). 

Penjelasan

Pada paragraf di atas, kalimat utamanya terdapat di akhir paragraf yang ditunjukkan dengan nomor (5). 

Sedangkan kalimat penjelasnya ditunjukkan dengan nomor (1), (2), (3), dan (4). 

Topik utama pada paragraf di atas adalah mengenai manfaat buah kelapa. Buah kelapa yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga batok / tempurung dan kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kayu bakar. 

Contoh kalimat penjelas pada sebuah paragraf deduktif

Kambing merupakan hewan berkaki empat byang banyak diternakkan (1). Hewan ini tergolong hewan herbivora atau pemakan tumbuhan (2). Kambing memiliki tanduk di kepalanya, telinganya panjang ke bawah (3). Biasanya, peternak memanfaatkan kambing untuk diambil dagingnya (4). Namun sayang, bagi sebagian orang daging kambing terlalu bau prengus (5). Hal ini karena kambing memiliki hormon letuinizing (pada kambing jantan) yang berguna untuk menarik betina (6). Nah, kambing ini juga dijadikan sebagai hewan qurban, biasanya harganya sedikit naik ketika mendekati hari raya idul adha (7).

Penjelasan

Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan dengan nomor (1). 

Sedangkan kalimat penjelas ditunjukkan dengan nomor (2), (3), (4), (5), (6), dan (7).

Topik utama paragraf di atas yakni mengenai hewan ternak kambing. Pada kalimat pertama dipaparkan mengenai kambing, kemudian dijelaskan kambing itu seperti apa pada kalimat kedua hingga ketujuh.

Demikian pembahasan kali ini sobat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih telah mampir membaca ulasa ini. Jangan sungkan untuk share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Kalimat penjelas adalah? Contoh kalimat penjelas beserta pembahasannya!"