Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kalimat utama adalah? Contoh kalimat utama beserta penjelasannya

Kalimat utama adalah?

Jafarull.com - Kalimat utama adalah kalimat inti yang menjadi ide pokok suatu paragraf. Kalimat utama biasanya berada di awal paragraf atau di akhir paragraf. Namanya saja kalimat utama, berarti hanya terdiri dari satu kalimat saja, kemudian dijelaskan dengan kalimat penjelas.

Kalimat utama memiliki beberapa istilah, seperti pikiran utama, ide pokok, dan main idea. Artinya sama saja, hanya istilahnya yang berbeda. Nah untuk lebih tahu mengenai apa itu kalimat utama, kami mengutip pengertian kalimat utama dari beberapa sumber, sebagai berikut.

Kalimat utama adalah
kalimat utama adalah

Tarigan (dalam Mulyono, 2011 : 56) mengatakan bahwa pada bahasa Indonesia terdapat istilah pikiran utama dan kalimat utama. Kedua istilah ini merujuk pada hal yang sama. Lebih lanjut, dikatakannya bahwa kalimat utama itu merupakan perwujudan pikiran utama. 

Kemudian Tarigan (dalam Gunawan, 2012 : 9-10) mengatakan bahwa pada bahasa Inggris terdapat istilah main idea dan topik sentence yang keduanya ini merujuk pada hal yang sama. 

Hal senada juga dikemukakan oleh Keraf (dalam Rifa'i : 2011 : 2-3) bahwa pikiran utama terdapat pada kalimat utama. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua istilah, yakni kalimat utama dan pikiran utama, diakui bisa saling menggantikan.

Nahh dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa kalimat utama adalah kalimat inti yang menjadi ide pokok suatu permasalahan. Kalimat tersebut mewakili gambaran yang ada pada sebuah paragraf.

Contoh kalimat utama pada paragraf deduktif

Semua orang pasti pernah makan buah pisang kan? (1). Buah yang satu ini memang sangat enak, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua suka dengan buah ini (2). Warnanya yang kuning keemasan ketika sudah matang, membuat liur menetes dan ingin mencicipinya (3). Buah pisang juga kaya akan vitamin A, C, hingga B6 yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah infeksi (4). Apalagi dikonsumsi saat pandemi seperti sekarang ini, pasti akan memberikan manfaat yang lebih untuk tubuh kita (5). Pisang juga idrntik dengan atlet olahraga (6). Karena dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kebugaran tubuh (7).

Penjelasan

Kalimat utama pada paragraf diatas ditunjukkan dengan nomor (1). Kalimat utamanya berada di awal paragraf karena termasuk paragraf deduktif. 

Sedangkan kalimat penjelasnya ditunjukkan dengan nomor (2), (3), (4), (5), (6), dan (7).

Contoh kalimat utama pada paragraf induktif

Hewan ini termasuk mamalia atau hewan yang menyusui (1). Terdapat telinga panjang dengan ekor yang pendek (2). Bobotnya antara 2 sampai 5 kilo (3). Bahkan untuk beberapa jenis lainnya, ada yang mencapai bobot 6.7 kilo loh (4). Makanan utamanya adalah rumput, tapi di beberapa daerah ada yang diberi pakan pelet (5). Kelinci memang hewan yang unik ya (6).

Penjelasan

Kalimat pertam berada di akhir paragraf, atau ditunjukkan dengan nomor (6). Kalimat tersebut menjadi inti dari karakter dan ciri hewan yang dijelaskan oleh nomor 1 hingg 5.

Sedangkan kalimat nomor (1) hingga (5) merupakan penjelasan dari hewan kelinci. 

Nah demikianlah pembahasan kami mengenai kalimat utama. Terima kasih telah membaca artikel ini sobat, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke teman kalian ya. 

Post a Comment for "Kalimat utama adalah? Contoh kalimat utama beserta penjelasannya"