Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila?

Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila
Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila

Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila?

Jafarull.com - Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila kebutuhan manusia bersifat beragam dan tak terbatas, sedangkan sumber dayanya bersifat terbatas.

Manusia merupakan makhluk yang dikaruniai akal pikiran. Seiring perubahan zaman, kebutuhan manusia juga mulai berganti. Misalnya saja pada zaman dahulu, kebutuhan manusia hanya untuk sekedar makan dan kenyang saja, tapi sekarang manusia memiliki kebutuhan untuk mempertimbangkan rasa dan selera. Rasa dan selera inilah yang membuat sumber daya nya "kurang" untuk mencukupi kebutuhan.  

Misal, kebutuhan papan (panggonan atau tempat tinggal). Untuk membangun sebuah rumah tentunya memerlukan bahan bangunan seperti kayu, bambu, bata, pasir, dan lain sebagainya. Coba perhatikan di sekeliling tempat tinggal kalian, masih tersedia banyak kah bambu dan kayu? Masih tersedia kah pasirnya? Batunya? 

Setiap tahun manusia selalu membangun. Penambang pasir akan terus menambang pasir hingga tempat tersebut tak ada lagi pasirnya. Tukang kayu akan terus mencari kayu untuk kebutuhan bangunan rumah. Semuanya tersedia di alam, namun jumlahnya tak sebanyak dulu. Jika dulu di samping rumah masih terdapat pohon yang kokoh, sekarang hanya tersisa tunggaknya saja.

Contoh lain, kebutuhan sandang. Jika dulu manusia hanya membutuhkan kain untuk sekedar melindungi tubuh dan menghangatkan tubuhnya, sekarang justru manusia memiliki kebutuhan bermacam model. Ada yang menginginkan model seperti roker, rumbai-rumbai, dan lain sebagainya. 

Model-model yang dibutuhkan manusia ini kan berbeda-beda. Otomatis bahan dasar untuk membuat kain juga berbeda. Sedangkan bahan dasar yang didapat dari alam lama kelamaan pasti akan habis. 

Apalagi populasi manusia tiap tahunnya selalu nambah. Sedangkan hutan, lahan pertanian dan perkebunan makin sempit karena dijadikan pemukiman oleh manusia. Hal ini juga menjadi faktor penyebab kelangkaan kebutuhan manusia. 

Setiap manusia yang lahir, tentu memerlukan kebutuhan pangan, sandang dan papan. Mau tidak mau manusia hanya bisa bergantung pada alam yang semakin menipis. Jika sudah begini kebutuhan manusia juga akan mengalami kelangkaan. 

Sekian untuk artikel singkat mengenai kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila kebutuhan manusia bersifat beragam dan tak terbatas, sedangkan sumber dayanya bersifat terbatas. Semoga kita semakin bijak untuk memanfaatkan sesuatunya dengan secara seimbang dan secukupnya. 

Agar kelak apa yang kita nikmati sekarang bisa diwariskan kepada anak cucu kelak. Semoga artikel ini bermanfaat sob, terima kasih sudah membaca hingga selesai. Jangan lupa share ke teman-teman mu ya agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Post a Comment for "Kelangkaan kebutuhan manusia terjadi apabila?"