Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

7 Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl

Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl

Jafarull.com - Kuliah memang mengasyikkan ya sob, kita bisa kenal dengan berbagai orang tanpa dengan latar belakang yang berbeda. Setiap kegiatan menuntut untuk dapat berbaur dengan semua orang.

Salah satu kegiatan wajib bagi seorang mahasiswa adalah ppl. Kegiatan ppl mahasiswa biasanya dilaksanakan di desa-desa dan di sekolah-sekolah. Tujuannya si untuk berbakti dan mengabdi pada negeri tercinta ini. 

Kalau ppl di desa, biasanya kegiatan bersifat sosial. Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut, menciptakan terobosan dan gagasan mengenai desa tersebut. Misalnya saja ketika di desa tersebut kesulitan mencari air. Maka mahasiswa biasanya membuat program irigasi dan penyaluran air agar warga mudah mendapatkan air bersih. 

Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl
Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl

Kalau ppl di sekolah, kegiatannya belajar mengajar. Mendampingi siswa siswi dalam belajar hingga menyelesaikan permasalahan belajar yang dihadapi siswa. Nah setelah ppl biasanya mahasiswa memberikan sebuah kenang-kenangan. Kenang-kenangannya bisa berupa peralatan mengajar, alat pendukung pembelajaran, hingga bahan ajar. 

Pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl. Apa saja si? Silakan simak ulasannya berikut ini.

1. Plakat

Plakat adalah sebuah benda yang biasanya berisi tulisan tertentu. Plakat juga sering dijadikan cendramata atau kenang-kenangan untuk  sebuah instansi atau lembaga. Nantinya plakat ini dipajang di ruangan. Tujuannya si untuk menaikkan kredibilitas lembaga atau instansi tersebut.

Oh iya, bahan olakat sendiri sangat beragam sob, ada yang terbuat dari kayu, marmer, kaca, hingga plastik. Harga biasanya tergantung dari kerumitan desain dan bahan yang digunakan. Sesuaikan saja dengn kebutuhan dan anggaran kalian ya.

2. Proyetor

Proyektor merupakan alat untuk menampilkan gambar, video, dan audio video dari laptop / komputer ke tampilan yang lebih besar. Kurikulum k-13 menuntut pembelajaran menggunakan media proyektor. Gunanya agar siswa jafi lebih paham karena guru dapat menunjukkan secara langsung mengenai detail materi yang disampaikan. 

Menurut kami, Proyektor sangat recommended dijadikan sebagai Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl. Biasanya sekolah-sekolah ada yang kekurangan proyektor sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, kalau kalian memberikan Proyektor, pasti akan disambut baik dan pihak sekolah sangat terbantu.

3. Alat tulis

Kegiatan belajar mengajar tak pernah bisa lepas dari tulis menulis. Sarana dan prasarana sekolah yang wajib ada adalah alat tulis, seperti papan tulis, spidol, penghapus, dan tinta. 

Kalian bisa nih memberikan alat tulis sebagai kenang-kenangan. Sarana dan prasarana sekolah kadang kan sudang usang dan perlu diganti, kalau kalian memberikan alat tulis lengkap pasti pihak sekolah akan merasa sangat senang.

4. Sound sistem

Terkadang, sound sistem yang dimiliki oleh sekolah sudah usang dan berumur. Hal ini karena alat ini tidak menjadi prioritas utama sarana dan prasarana sekolah. Meski demikian, bukan berarti sound sistem tak ada gunanya sob. Alat ini tetap berguna kok walau penggunaannya tak sesering proyektor. 

Tidak ada salahnya kalian memberikan kenang-kenangan berupa sound sistem. Alat ini pasti akan jauh lebih bermanfaat dan dibutuhkan sekolah. Tapi kalian juga harus merogoh kocek yang tidak sedikit sob, yahh ga papa deh, asal itu bisa bermanfaat hehe.

5. Alat olahraga

Mata pelajaran olahraga sangat dinanti karena bisa menenangkan pikiran akibat tugas pelajaran yang menumpuk. Apalagi kalau alat olahraganya lengkap, kita bisa memilih sendiri apa yang diinginkan. Meskipun harus sesuai aturan dan arahan guru si, hehe.

Alat olahraga cocok juga nih dijadikan sebagai kenang-kenangan. Apalagi kalau peratan di sekolah kurang lengkap. Kalian hanya perlu membeli alat yang belum ada saja. Misal di sekolah tidak ada matras, kalian bisa beli matras. Pasti akan disambut baik sama pihak sekolah.

6. Buku pelajaran

Setiap pelajaran pasti ada bukunya tersendiri. Pelajaran bahasa Indonesia, ada buku pegangan bahasa Indonesia untuk siswa dan guru masing-masing. Buku pelajaran dijadikan acuan untuk belajar, sedangkan guru sebagai fasilitator yang akan menjelaskan materi yang belum dikuasai siswa. 

Boleh juga nih sob, untuk menjadikan buku pelajaran sebagai kenang-kenangan. Yahh kalian harus kordinasi dengan pihak sekolah dulu si, dan tentunya harus mencari buku terbitan yang terbaru. Agar nantinya bisa dipakai sebagai referensi oleh siswa. 

7. Buku bacaan

Buku bacaan merupakan buku yang tidak terkait dengan mata pelajaran sekolah. Biasanya si buku bersifat umum dan ditunjukkan untuk semua kalangan.

Buku bacaan sangat cocok dijadikan sebagai Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl. Buku bacaan yang bisa kalian cari bisa novel terbaru, novel yang menarik, cerpen, atau bahkan buku umum tentang motivasi. Siswa akan sangat senang jika membaca buku buku ini sob.

Demikianlah artikel tentang Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan memberikan gambaran keadaan kalian mengenai apa yang perlu dikasih ke sekolah. 

Jangan lupa share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat sob.

Post a Comment for "7 Kenang-kenangan untuk sekolah dari mahasiswa ppl"