Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

15 Kenang-kenangan untuk sekolah yang bermanfaat dan mengesankan

Kenang-kenangan untuk sekolah

Jafarull.com - Kenang-kenangan merupakan sesuatu yang diberikan oleh orang lain (biasanya orang tercinta) kepada seseorang. Kenang-kenangan diberikan sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih atas jasa yang diberikan. 

Nah kalau kita ingin memberikan kenang-kenangan kepada sekolah, tentu bisa juga sob. Kita bisa ngasih suatu benda yang bermanfaat yang bisa digunakan oleh pihak sekolah. Tapi apa si yang kiranya bisa kita berikan untuk pihak sekolah yang telah mendidik kita selama ini? 

Pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai kenang-kenangan untuk sekolah yang bermanfaat dan berkesan. Apa saja si? Simak ulasan berikut ini.

11 Kenang-kenangan untuk sekolah yang bermanfaat dan mengesankan
kenang-kenangan untuk sekolah

15 Kenang-kenangan untuk sekolah yang bermanfaat dan mengesankan

1. Alat tulis

Namanya sekolah tentu saja kegiatannya tak lepas dari tulis menulis. Entah di kelas, kantor, atau di perpustakaan tetap saja butuh alat tulis. Nah kita bisa jadikan alat tulis ini sebagai kenang-kenangan untuk sekolah nih sob. 

Alat tulisnya bisa berupa papan tulis, spidol, tinta, penghapus, atau bahkan kertas hvs dan pulpen. Kita bisa patungan dengan teman-teman untuk membeli alat tulis. Harganya juga ga bakalan nguras kantong kok kalau patungan mah. Tinggal cek toko di daerahmu atau kalau mager ya tinggal cek di online shop.

2. Buku bacaan

Baca tulis merupakan kegiatan sehari-hari di sekolah. Kegiatan ini terus diulang hingga ke perguruan tinggi loh. Yah namanya juga pendidikan, pasti takan lepas dari membaca, menulis, menyimak dan berbicara kan, hehe.

Buku bacaan menjadi kenang-kenangan yang simpel sob. Karena kita hanya perlu lergi ke toko buku dan memberikannya ke sekolah. Buku bacaan ini bisa cerpen, novel, dongeng, atau bahan bacaan ringan. Guru-guru pasti senang dengan kenang-kenangan tersebut karena siswa-siswi mereka bisa membaca sesuatu yang baru. 

3. Buku pelajaran

Biasanya si pihak sekolah telah memesan buku-buku pelajaran untuk guru dan juga siswa. Tapi tak apa kok kalau kalian ingin memberikan buku pelajaran sebagai kenang-kenangan. Pastikan buku yang diberikan itu edisi terbaru dan relevan dengan pelajaran yang ada di sekolah ya. 

Jangan sampai memberikan buku pelajaran terbitan lama atau buku pelajaran yang sudah ada di sekolah tersebut. Karena nanti bakalan tidak berguna dan tidak dibaca. Kan sayang jadinya, sudah beli buku tapi tidak terpakai.

4. Taplak meja

Hayo ngaku siapa nih yang suka jailin teman pakai taplak meja kelas? Hahaa tobat dah lu. Taplak meja menjadi benda wajib yang ada di meja guru dalam kelas maupun kantor. Kalau kalian ingin menggunakan taplak meja sebagai kenang-kenangan, bagus juga kok. Karena nantinya ketika guru-guru duduk, bakal keinget sama kita kita gitu hehe. Tapi pastikan taplak mejanya yang bagusan dikit yah. Biar lebih berguna dan terpakai hihi.

5. Vas bunga

Vas bunga biasanya diletakkan di meja guru dalam kelas maupun kantor. Benda yang satu ini dijadikan sebagai penghias agar suasana kelas dan kantor lebih segar. Vas bunga bisa kalian jadikan sebagai kenang-kenangan untuk sekolah sob. Kalau perlu kalian berikan dengan bunganya sekaligus. Tujuannya biar lebih menarik aja gitu hehe. Guru-guru juga pasti bakal senang kok karena ada vas bunga baru beserta bunganya langsung. 

6. Jam dinding

Jam dinding biasanya diletakkan di dalam kelas bagian depan atau bagian belakang. Tujuannya agar guru dan siswa dalat memantau jam sehingga menghindari terjadinya molor dalam pembelajaran. 

Taka ada salahnya jika kalian ingin menjadikan jam dinding sebagai kenang-kenangan. Karena di setiap kelas pasti sangat membutuhkan jam untuk penunjuk waktu. Oh iya, di kantor dan perpustakaan juga pasti ada jam dinding sob. Jadi, pastikan terlebih dahulu ya kiranya hendak beli jam dinding berapa banyak. Jangan sampai kelebihan atau kekurangan hehe.

7. Alat ibadah

Setiap orang yang menganut sebuah agama, pasti akan berubah kepada Tuhannya masing-masing. Nah umumnya si di setiap sekolah ada agama mayoritas. Misalnya saja sekolah A guru dan siswanya beragama Islam, sekolah B guru dan siswanya beragama Kristen, sekolah C guru dan siswanya beragama Katolik, dll.

Nah kalian bisa nih memberikan alat-alat ibadah sebagai kenang-kenangan untuk sekolah. Pihak sekolah pasti akan merasa terbantu dengan adanya alat ibadah ini. Selain dapat dipakai oleh siapa saja, juga bisa menjadi amal jariyah kita nih sob. 

8. Alat kebersihan

Pernah tidak kalian memerhatikan kelas atau halaman sekolah yang kotor. Hiiiii nggak enak banget dilihatnya kan? Untuk membersihkannya tentu memerlukan alat berupa sapu, sorok, sulak, dan lain sebagainya. 

Alat kebersihan bisa jadi solusi nih untuk kamu yang sedang bingung mencari kenang-kenangan untuk sekolah. Kalian bisa membeli sapu lidi, sapu Glagah, serokan, sulak, kanebo, hingga tong sampah. Alat-alat kebersihan seperti ini sangat bermanfaat untuk sekolah sob, karena menjadi alat yang diandalkan ketika debu dan kotoran datang. 

9. Alat olahraga

Hayoo siapa nih yang dulu paling suka dengan pelajaran olahraga? Selain menyehatkan juga memberikan kegembiraan ya sob. Pelajaran olahraga juga paling dinanti karena bisa melihat ciwi-ciwi beraksi hehe.

Alat-alat olahraga bisa dijadikan ide untuk kenang-kenangan nih sob. Misalnya saja bola sepak, bola futsal, bola voly, bola basket, bola tenis, kun, pemukul baseball, bendera , dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keperluan sekolah. Kalau sekolah tidak ada lapangan basket ya tentu tidak perlu beli bola basket dong. 

10. Lemari

Benda yang satu ini digunakan untuk menyimpan sesuatu, bisa buku, dokumen, atau alat keperluan lain. Lemari tentu saja sangat bermanfaat untuk semua orang, karena setiap rumah pasti terdapat sebuah lemari. 

Kalian bisa nih memanfaatkan lemari senagai kenang-kenangan untuk sekolah. Harganya memang cukup mahal, tapi kalau membelinya patungan pasti akan terasa ringan. Guru-guru pasti akan terbantu banget sob. Mereka juga akan merasa senang.

11. Sound sistem

Sound sistem biasanya dipakai untuk pendukung pembelajaran dan pengumuman. Karena fungsinya sebagai pendukung, alat ini tidak menjadi prioritas utama. Mangkanya tak heran kalau di setiap sekolah sound sistemnya sudah berumur. 

Kami rasa sound sistem akan sangat cocok sob untuk diberikan kepada sekolah. Pihak sekolah akan sangat terbantu banget. Apalagi untuk keperluan pembelajaran bahasa Inggris ketika listening. Alat ini sangat dibutuhkan banget. 

12. Proyektor

Di beberapa sekolah, sudah menggunakan proyektor di setiap kelasnya. Bahkan kurikulum 2013 juga menganjurkan pembelajaran menggunakan alat ini sob. Ya walaupun di pedesaan masih terbatas, paling hanya di kota-kota yang sudah menerapkannya. 

Kalau sekolah kalian sudah mendukung pembelajaran berbasis IT, tidak ada salahnya menggunakan proyektor sebagai kenang-kenangan sob. Itung-itung kita membalas jasa guru-guru kita dengan memudahkan fasilitas belajar untuk mereka. 

13. Alat dapur

Biasanya di kantor ada alat-alat dapur seperti puring, gelas, pisau, cangkir, atau bahkan dispenser. Alat-alat ini untuk menunjang guru memulihkan energi mereka agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Alat-alat dapur kelihatannya sangat sepele, tapi sangat penting loh. Kalau tidak ada alat-alat dapur, bagaimana guru-guru bisa memulihkan energi mereka.

Nah kalau kalian bingung, silakan ambil opsi ini sob. Tapi pastikan terlebih dahulu mengenai apa saja yang kiranya sangat dibutuhkan oleh sekolah ya. Biar budget kalian tidak membengkak banget hehe.

14. Rak buku

Buku menjadi benda yang identik dengan sekolah. Di kelas, kantor, maupun perpustakaan, pasti ada buku. Tentunya buku-buku tersebut harus disimpan dan ditata yang rapi dong. Untuk itulah gunanya rak buku.

Rak buku bisa dijadikan kenang-kenangan untuk sekolah sob. Benda ini bisa ditaruh di kelas, kantor, maupun perpustakaan. Benda ini juga bakal terpakai kok, karena fungsinya yang begitu penting untuk kerapian sebuah sekolah. 

15. Pigura

Ketika sekolah dulu, pasti pernah dong foto bareng dengan guru-guru? Ini bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan sob. Pasti akan berkesan karena terpampang foto kalian bersama guru-guru. Cetak ukuran kecil dan besar sekalian biar lebih menarik hehe.

Demikianlah artikel tentang 11 kenang-kenangan untuk sekolah. Artikel ini hanya sebagai referensi saja, siapa tahu ada yang cocok untuk diberikan ke sekolah. Sesuaikan dengan budget ya sob, agar kantong tidak jebol hehe.

Semoga bisa bermanfaat sobat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca hingga tuntas. Jangan lupa untuk share ke teman kalian jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "15 Kenang-kenangan untuk sekolah yang bermanfaat dan mengesankan"