Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena?

Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena?

Jafarull.com - Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena ketersediaan sumber daya alam jumlahnya terbatas. Semua yang bersumber dari alam pasti akan habis dan punah. Cepat atau lambat sumber daya alam di bumi bakalan habis.

Mungkin hal ini yang mendasari manusia untuk menemukan planet baru. Jika kita tengok berita di luar negeri, banyak sekali yang mencoba mencari kehidupan di planet lain. Baru-baru ini manusia mencoba menginvasi planet Mars. 

Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena ketersediaan sumber daya alam jumlahnya terbatas
Sumber daya alam terbatas

Ilmuan dari berbagai negara mencoba mencari tahu tentang kemungkinan makhluk hidup dapat tinggal di sana. Jika hal ini dapat terealisasikan, maka manusia bisa pindah dari bumi ke mars. Karena kehidupan di bumi sudah tidak kondusif lagi dan sumberdaya menipis.

Kita balik lagi ke topik, Sebagai makhluk ciptaan tuhan yang dibekali akal pikiran, sudah selayaknya kita turut menjaga bumi ini. Menjaga agar tetap lestari dan tidak terjadi kerusakan. misalnya saja dalam memanfaatkan sumber daya alam, kita harus bijaksana.

Kita tidak boleh serakah dan tamak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Sudah sepantasnya kita ambil seperlunya saja dan secukupnya saja. Misalnya nih, dalam memanfaatkan kayu untuk pembuatan kertas. Kita harus memilih mana kiranya pohon yang sudah tua dan tak produktif lagi. 

Kita juga harus menebang secukupnya saja, tidak boleh dibabat sampai gundul. Karena kalau terjadi gundul, maka struktur tanah bisa lembek dan ini dapat mengakibatkan tanah longsor. Kalau sudah begini, kan kita sendiri yang repot, niatnya ingin hasil besar, malah dapat musibah yang maha dahsyat.

Contoh lain, dalam pemanfaatan minyak bumi. Kita semua tahu kalau minyak bumi menjadi komoditi unggulan di dunia. Manfaat dari minyak bumi yang begitu besar, diperebutkan oleh negara-negara di dunia. Tapi sayangnya manusia terlalu serakah dan tamahk, sehingga banyak mengakibatkan kerusakan alam karena penambangan yang jor-joran. 

Bahkan ada yang mengatakan kalau cadangan minyak bumi dunia sekarang ini sudah menipis. Oleh karena itu manusia mulai berinovasi untuk menggunakan tenaga gas dan listrik. Hal ini bagus, tapi kalau bahan bakunya dari fosil atau dari alam juga, ya sama saja nanti bakalan habis.

Pentingnya tanggung jawab terhadap alam yang dititipkan oleh tuhan pada kita semua. Jangan menjadi rakus dan tamak. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 
Kita ambil contoh penambangan emas, minyak, batu bara, pasir, dll. Alam menjadi rusak akibat penambangan yang dilakukan manusia. Ketika sudah rusak, kita malah membiarkannya begitu saja. Akibatnya tentu bencana alam yang selalu mengintai kita setiap saat.
Demikian artikel tentang manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena? Semoga dapat memberi pencerahan pada kita semua. Selalu jaga dan lindungi alam kita ya, agar generasi yang akan datang dapat menikmati indahnya alam kita ini. 
Share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk kalian sob.

Post a Comment for "Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab karena?"