Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah lengkap beserta artinya

Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah lengkap beserta artinya

Jafarull.com - Hari raya idul adha jatuh pada 20 Juli 2021. Umat Islam biasanya akan melakukan ibadah sunnah puasa. Ya, puasa tersebut adalah puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah. 

Dalam sebuah hadits, Rosull menjelaskan bahwa 10 hari pada awal bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang sangat istimewa. Hal ini karena Allah menyukai hari-hari tersebut.

"Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya sepuluh hari Dzulhijjah," hadis riwayat Imam Bukhari.

Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah lengkap beserta artinya
Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah lengkap beserta artinya

Jika Allah saja suka dengan 10 hari awal bulan Dzulhijjah, masa kita tidak mau memanfaatkannya? Kesempatan yang baik ini bisa kita manfaatkan dengan cara meningkatkan ketakwaan dan mengerjakan ibadah sunnah.

Niat puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah merupakan puasa sunnah yang dilakukan antara hari ke-satu hingga hari ke-tujuh awal bulan Dzulhijjah. Kalau di kalender Masehi / nasional, bertepatan dengan tanggal 11 hingga 17 Juli 2021. Kalian bisa berpuasa sunnah diantara waktu tersebut.

Bagaimana cara tata cara niat puasa sunnah Dzulhijjah?

Tata cara puasanya sama dengan puasa pada umumnya. Bersahur, menahan diri dari perbuatan dosa, menahan hawa nafsu, dan lain-lain. Sedangkan untuk niatnya sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya:

Saya berniat puasa Sunnah Dzulhijjah karena Allah Taala.

Niat puasa Tarwiyah

Puasa sunnah Tarwiyah merupakan puasa yang dilakukan pada hari ke-delapan awal bulan Dzulhijjah. Hal ini bertepatan dengan tanggal 18 Juli 2021.

Puasa di hari Tarwiyah sangat istimewa, karena bisa melebur dosa setahun yang telah berlalu. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah Tarwiyah tersebut. Sebagaimana hadits Rosull sebagai berikut.

"Puasa di hari Tarwiyah (8 Zulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Zulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun," (H.R. Tirmidzi).

Pelaksanaannya sama seperti puasa pada umumnya. Menahan haus dan lapar dari imsak diwaktu subuh hingga berbuka di waktu Maghrib. Sedangkan niatnya sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.

Artinya:

“Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT."

Niat puasa Arafah

Puasa sunnah Arafah merupakan puasa yang dilakukan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah atau bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2021.

Puasa ini juga sangat istimewa karena dapat menghapus dosa setahun yang akan datang. Hal ini dijelaskan langsung oleh Rasulullah SAW sebagai berikut.

“Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya."(HR. Muslim, no 1162).

Sangat rugi kalau kita menyia-nyiakan kesempatan yang akan datang ini. Padahal Allah akan memberikan karunia-Nya karena di hari tersebut hambanya taat dan patuh untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Tata cara puasa Arafah sama saja dengan puasa pada umumnya, hanya saja niatnya yang berbeda. Lalu bagaimana niat puasa Sunnah Arafah?

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya:

Saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'ala.

Sangat besar pahala yang bisa kita peroleh hanya dengan melakukan puasa Sunnah. Jangan ragu dan jangan malas untuk meraih kesempatan emas ini. Mumpung kita masih diberi kesempatan untuk merasakan hidup.

Semoga artikel tentang niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah ini bisa bermanfaat untuk kita semua sobat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca hingga selesai. 

Jangan ragu untuk share ke teman-teman mu ya. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Post a Comment for "Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah lengkap beserta artinya"