Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

13 manfaat tumbuhan bambu dalam kehidupan sehari-hari, ternyata bisa dimakan juga loh!

Manfaat tumbuhan bambu

Jafarull.com - Bambu sudah tak asling lagi bagi bangsa Indonesia. Yah, tanaman yang satu ini dulunya pernah dijadikan sebagai senjata untuk mengusir para penjajah. Senjata tersebut dikenal dengan nama bambu runcing. Mungkin karena bentuk ujungnya yang runcing kali yah, mangkanya dinamakan bambu runcing. 

Bambu dapat dijumpai di benua Asia, Afrika, Amerika, hingga Australia. Bambu dapat tumbuh dengan subur di iklim tropis. Jadi tidak heran kalau tanaman bambu bisa kita jumpai dengan mudah di negara tercinta ini.

manfaat tumbuhan bambu
manfaat tumbuhan bambu

Tumbuhan bambu biasanya tumbuh menjulang tinggi. Walaupun kadang ada juga yang bengkok sehingga tumbuh ke samping. Tiap ruasnya memiliki mata atau tunas kecil. Nah mata bambu ini kadang menumbuhkan semacam ranting (ranting bambu). 

Bambu biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan seperti dijadikan sebagai tiang, usuk, reng, dan lain sebagainya. Nah kalian tahu tidak, ternyata tumbuhan bambu memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan sehari-hari loh. Apa saja si? Simak ulasannya berikut ini.

13 Manfaat tumbuhan bambu

1. Penahan Erosi

Akar bambu ternyata dapat mencegah terjadinya erosi loh. Akar bambu mampu mengikat tanah dengan baik sehingga tanah tidak mudah terkikis. Kalau di pedesaan, biasanya bambu ditanam di bantaran sungai. 

Sering dikunjungi:

Manfaat tumbuhan akar tinggal

Manfaat tumbuhan umbi lapis

2. Menangani limbah beracun

Alasan lain mengapa bambu banyak ditanam di bantaran sungai yakni karena akar bambu mampu mengikat zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air. Sehingga air menjadi lebih bersih dan jernih. Kehidupan di sungai juga menjadi lebih baik lagi. 

3. Sebagai bahan bangunan

Sudah tak bisa dipungkiri lagi. Sudah sejak lama bambu dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Bambu bisa dijadikan sebagai kursi, meja, tangga, pintu, hingga rumah. 

Kalau jaman dulu mungkin masih banyak rumah yang menggunakan bahan bambu. Kalau sekarang si, sudah sangat jarang. Selain harganya yang mahal, ketersediannya juga cukup langka.

4. Daun bambu untuk pembungkus makanan

Daun bambu berbentuk memanjang dan sedikit kasar untuk bagian bawahnya. Sementara bagian atasnya memiliki tekstur yang halus. Daun bambu juga cukup kuat, karenanya daun bambu sering dijadikan sebagai bungkus makanan. Ikan asin atau pindang biasanya banyak yang dibungkus dengan daun bambu sob. Kalau untuk sekarang ini si, sepertinya sudah jarang makanan yang terbungkus oleh daun bambu. Kebanyakan makanan sekarang dibungkus oleh plastik dan kertas. 

5. Daun bambu untuk Obat penurun panas

Ada sebuah kepercayaan di masyarakat bahwa daun bambu muda dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun panas. Caranya petik beberapa lembar daun bambu yang masih muda, tumbuk daun hingga halus, kemudian direbus. Air rebusan ini yang nantinya dimanfaatkan sebagai penurun panas sob. Tertarik untuk mencobanya?

6. Rebung / bambu muda dijadikan sayuran

Manfaat tumbuhan bambu memang sangat banyak ya. Kali ini rebung atau bambu mudanya bisa dijadikan sebagai sayuran loh. Tekstur empuk, kres-kres, rasanya juga enak. Meski di bambu muda banyak sekali rambut / lugut yang gatal, tetapi ketika diolah sama sekali tidak membuat gatal-gatal kok sob. 

Kalau kalian penasaran dengan rasanya, kalian bisa nih mencobanya. Untuk menemukannya juga tak sulit, di pasar tradisional ataupun pasr modern sekarang sudah tersedia sangat banyak. 

manfaat tumbuhan bambu
manfaat tumbuhan bambu

7. Penampung mata air dalam tanah

Akar bambu bersifat mengikat. Nah kalau daerah yang masih banyak terdapat pohon bambu, biasanya persediaan air tanah di daerah tersebut sangat banyak sobat. Air tanah ini bisa dimanfaatkan melalui pembangunan sumur. Sehingga sumber air di daerah tersebut lebih tercukupi. 

8. Untuk pembuatan alat musik

Hayoo alat musik apa saja yang terbuat dari bambu? Calung? Seruling? Gendang? Apa lagi? Hehe masih banyak sebenarnya sob.

Batang bambu terkenal kuat karena memiliki serat yang terstruktur. Bentuk bambu yang berrongga juga bisa menghasilkan bunyi tersendiri. Jadi tidak heran kalau bambu dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat musik.

9. Alat-alat dapur

Bambu dapat dijadikan sebagai alat alat dpur seperti sendok, garpu, gelas, sumpit, dan lain sebagainya. Tentunya jenis bambu yang dipakai tidak boleh sembarang. Harus bambu tertentu yang memiliki diameter besar dan kuat. Bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk memasak. Biasanya makanan yang sudah dilumuri bumbu dimasukkan dalam bambu, kemudian dibakar dengan api. 

10. Sebagai kerajinan

Pernah dengar sepeda yang terbuat dari bambu? Dulu sempat viral sobat, harganya juga lumayan mahal. Tekstur bambu yang kuat dan mudah dibentuk, membuatnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. 

11. Sebagai tali yang kuat

Bambu yang dijadikan tali memiliki jenis tersendiri. Kalau orang jawa bilang si namanya pring tali (bambu tali). Apapun namany, yang jelas ketika dijadikan tali memang sangat kuat. Tidak mudah putus karena memiliki tekstur yang lentur. Tali ini bisa digunakan untuk mengikat rumput, kayu bakar, pagar kebun, dan lain sebagainya. 

12. Dapat dijadikan sebagai kayu bakar

Semua tumbuhan yang berkayu pasti dapat dimanfaatkan sebagai bahan kayu bakar. Bambu juga demikian sobat, kalau di desa kami bambu yang sudah kering dan tak terpakai dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Lumayan lah untuk menghangatkan tubuh dan merebus air.

13. Sebagai senjata 

Kalau yang terakhir ini si sangat legendaris. Bagaimana tidak? Sejarah mencatat kalau pejuang Indonesia saat itu memakai bambu runcing untuk mengusir penjajah. Maklum saja saat itu juga ketersediaan persenjataan Indonesia tidak sebanyak dan selengkap penjajah. Jadi bangsa Indonesia memanfaatkan bambu yang runcing kemudian dijadikan sebagai alat tempur. 

Demikianlah artikel tentang Manfaat tumbuhan bambu. Ternyata manfaat bambu begitu banyak banget ya sob. Mulai dari bahan prabotan, alat musik, hingga keperluan industri dan lingkungan. 

Tetap jaga lingkungan sekitar mu sobat. Agar tetap hijau dan nyaman untuk ditinggali. Jangan lupa untuk menanam bambu, karena tanaman ini begitu banyak manfaatnya. 

Share jika informasi kali ini bermanfaat sobat!

Post a Comment for "13 manfaat tumbuhan bambu dalam kehidupan sehari-hari, ternyata bisa dimakan juga loh!"