Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

4 Manfaat kencur untuk pernafasan beserta cara mengolahnya! Semudah ini ternyata!

Manfaat kencur untuk pernafasan

Jafarull.com - Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita wajib menjaga kesehatan tubuh. Bagian tubuh yang wajib selalu kita jaga adalah pernafasan. Bagian ini sangat vital, karena menjadi gerbang masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh. 

Kalau kita abai dan tidak menjaga pernafasan, maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Nah kalau sudah terkena penyakit, maka kita wajib menghajar virus dan bakteri tersebut. Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi permaslahan pernafasan adalah kencur. 

Manfaat kencur untuk pernafasan
Manfaat kencur untuk pernafasan

Dikutip dari hallosehat.com (29/08/2021), kencur memiliki senyawa aktif yang bernama polifenol. Zat ini merupakan antioksidan yang mampu melawan peradangan dalam tubuh. Sehingga pemulihan sel-sel tubuh bisa terjadi dengan cepat. 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat kencur untuk pernafasan. Kami berharap dengan adanya artikel ini, kita semua bisa lebih memanfaatkan bahan alami terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia. 

Manfaat kencur untuk pernafasan

1. Sebagai obat batuk

Batuk terjadi akibat adanya bakteri yang membandel di bagian tenggorokan. Rasanya sangat tidak enak dan sangat menggangu. Apalagi kalau kita sedang mengerjakan tugas-tugas penting. Duh, tidak mengenakkan banget deh. 

Jangan khawatir, kencur dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Sudah sejak lama leluhur kita memanfaatkan rempah yang satu ini sebagai obat meredakan batuk. Kencur mengandung antimikroba yang mampu menumpas virus bakteri dan jamur yang bersarang di saluran pernafasan, terutama di tenggorokan. 

Cara pemanfaatannya juga sangat mudah. Kita hanya perlu meminum ramuan kencur / wedang kencur dengan madu. Kalau pengin yang lebih greget si kunyah kencur sampai lembut. Airnya ditelan sedangkan ampasnya dibuang. 

2. Mengatasi peradangan

Radang tenggorokan biasanya terjadi akibat makan-makanan pedas dan berminyak. Ketika terjadi radang tenggorokan maka suara akan sedikit serak dan susah untuk menelan. 

Kencur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi peradangan yang terjadi di tenggorokan. Seperti yang sudah disinggung di atas, kencur mengandung polifenol yang dapat mencegah peradangan. Mengonsumsi kencur secara rutin, mampu menjaga kesehatan tenggorokan kita. 

3. Memperlambat infeksi

Infeksi tubuh biasanya terjadi akibat luka. Luka ini bisa menyebar dan bertambah buruk jika tidak diatasi. Infeksi yang terjadi di tenggorokan biasanya diakibatkan oleh makanan yang kita makan (terlalu kasar, pedas, dan berminyak, atau bahkan terlalu manis). 

Jika terjadi infeksi pada tenggorokan, maka rasanya akan sangat tidak nyaman sekali. Kencur mengandung antimikroba yang dapat melawan infeksi. Proses regenerasi sel yang rusak, jauh lebih cepat jika ditangani dengan rempah yang satu ini. 

4. Menghangatkan tenggorokan

Kalau sedang kedinginan, paling enak memang minum yang hangat-hangat. Nah kencur bisa menjadi pilihan nih. Kencur bisa menghangatkan tenggorokan dan badan. Kandungan yang terdapat dalam kencur memberikan sensasi hangat pada tenggorokan dan tubuh. 

Cara memanfaatkan kencur 

1. Dikunyah langsung

Cara yang pertama, kalian bisa langsung mengunyahnya. Cukup kunyah 2-3 siung kencur sampai lembut. Telan air kunyahan tersebut, kemudian ampasnya dibuang. 

Selalu pastikan kencurnya sudah dicuci terlebih dahulu ya. Jangan lupa kalian juga cuci tangan untuk menghindari bakteri masuk ke dalam tubuh. 

2. Dibikin wedang

Untuk cara yang kedua, kalian bisa memanfaatkannya dengan cara dibuat wedang. Bahan yang digunakan hanya kencur, jahe, dan madu. 

Untuk membuatnya, haluskan jahe dan kencur terlebih dahulu (sesuaikan selera saja, mau berapa potong). Kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring untuk mendapatkan sari jahe dan kencurnya. Tuang ke dalam gelas, lalu campur dengan madu. Taraaaa...!!!! Wedang kencur jahe madu siap disajikan. 

3. Meminum air perasannya secara langsung

Untuk yang tidak ingin ribet, kalian bisa meminum perasan kencur secara langsung. Haluskan kencur terlebih dahulu, pisahkan dengan ampasnya. Dan air kencur siap diminum. Rasanya mungkin tak seenan dengan wedang diatas, tapi manfaatnya takan kalah kok sob. 

Sekian pembahasan kali ini tentang Manfaat kencur untuk pernafasan. Kita jadi lebih tahu kalau kencur memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk pernafasan. Selain itu, kita juga jadi lebih tahu cara mengolah kencur dengan baik dan benar. 

Terima kasih telah membaca sampai tuntas sobat. Jangan sungkan untuk share ke teman-teman kalian ya. 

Referensi:

  • Hallosehat.com
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "4 Manfaat kencur untuk pernafasan beserta cara mengolahnya! Semudah ini ternyata! "