Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

9 Contoh tumbuhan umbi batang dan ciri-ciri umbi batang

Contoh tumbuhan umbi batang dan Ciri-ciri umbi batang

Jafarull.com - Umbi batang menjadi salah satu jenis umbi-umbian yang kerap kali dimanfaatkan oleh manusia. Bagian yang membentuk umbi biasanya bagian batang dan akar. Bagian ini akan tumbuh membesar di dalam tanah. Bagian ujung umbi batang memiliki bentuk yang menggelembung, bagian ini biasanya dapat ditanam kembali sehingga menghasilkan entitas umbi batang yang baru. 

Contoh tumbuhan umbi batang
Contoh tumbuhan umbi batang

Penanaman seperti ini dinamakan dengan perkembangan secara vegetatif. Karena hanya memanfaatkan bagian dari umbi tersebut untuk keberlangsungan hidup entitas umbi yang baru. 

Ciri-ciri umbi batang

Namanya tanaman pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Umbi batang juga demikian sob, Umbi batang memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut. 

1.  Bentuk daunnya oval meruncing dan tulang daun menyirip. Warna daun umumnya hijau, tapi ada juga yang berwarna merah atau abu-abu. 

2.  Memiliki batang yang berongga dan tekstur yang amat keras. Umumnya memiliki ukuran 50-120cm. Bentuknya juga beragam, ada yang tegak, menjalar, hingga menyebar. 

3.  Memiliki akar yang kecil dan halus serta bersifat menjalar. Akar umbi batang biasanya menggerombol dan bisa memiliki panjang 20cm ke dalam tanah.

4.  Umbi batang memiliki bunga yang kecil. Warnanya ada yang ungu dan merah. Bunga ini juga memiliki solonim yang mengandung racun. 

Contoh tumbuhan umbi batang

1. Kentang

Kentang termasuk Umbi-umbian yang dijadikan bahan campuran sayuran. Kentang memiliki karbohidrat yang tinggi dan sering digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Untuk yang sedang diet, kalian wajib coba nih sayur unyu yang satu ini.

2. Talas

Talas memiliki bentuk lonjong yang diselimuti oleh kulit berbulu. Umbi yang satu ini juga memiliki semacam mata, nah bagian inilah yang nantinya bisa ditanam dan memunculkan tunas sehingga menghasilkan entitas tanaman yang baru. Daun talas bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran (hanya jenis tertentu). 

3. Ubi jalar

Siapa si yang tidak tahu umbi jalar? Umbi yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Rasanya enak, gurih, dan manis. Biasanya dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Ubi jalar bisa direbus, dikukus, atau bahkan dijadikan sebagai olahan makanan lain. Saat ini banyak sekali tuh makanan yang menggunakan bahan dasar ubi jalar. 

4. Dahlia

Sipa sangka, dibalik bunganya yang indah, tersimpan umbi yang bermanfaat. Umbi dahlia termasuk jenis tanaman tahunan. Biasanya si akan berbunga dimusim panas dan musim gugur saja. 

5. Suweg

Suweg dikenal juga dengan ubi kaki gajah. Dinamakan tersebut karena memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan ubi pada umumnya. Umbi jenis ini mengandung gula yang rendah sehingga sangat cocok untuk program diet. 

6. Bengkoang

Bengkoang biasanya dijadikan sebagai bahan makanan atau bisa juga dijadikan rujak/ lutis. Bengkoang juga bisa dijadikan bahan lulur untuk mengencangkan kulit dan meremajakan sel kulit mati. 

7. Uwi

Uwi memiliki bentuk yang hampir mirip dengan talas. Bedanya, umbi ini memiliki rambut yang amat lebat. Uwi memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi. Rasanya juga gurih dan buket. 

8. Gembili

Gembili merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki bentuk hampir sama dengan Uwi. Memiliki bentuk lonjong dan berambut. Saat ini keberadaannya sudah sangat langka dan terancam punah. 

9. Gembolo

Tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan rumah. Keberadaannya sudah mulai jarang. Kemungkinan kita hanya dapat menemukannya di pedesaan saja. Tapi itu juga tidak bisa menjadi jaminan kita bakal menemukannya sob. 

Demikianlah artikel tentang Contoh tumbuhan umbi batang. Kita jadi lebih tahu mengenai berbagai jenis umbi batang dan ciri-cirinya. Terima kasih telah membaca hingga selesai sobat. 

Jangan lupa share ke teman-teman kalian, ok!

Post a Comment for "9 Contoh tumbuhan umbi batang dan ciri-ciri umbi batang"