Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

9 Manfaat tumbuhan umbi batang yang wajib kita ketahui

Manfaat tumbuhan umbi batang

Jafarull.com - Umbi batang merupakan salah satu Umbi-umbian yang dapat dikembangkan dengan cara vegetatif. Kita hanya perlu menanam bagian batangnya saja kemudian dari batang tersebut, akan muncul tunas baru. Batang yang ditanam akan dijadikan sebagai cadangan makanan sehingga tunas yang tumbuh akan hidup dan menjadi lebih lebat. 

manfaat tumbuhan umbi batang
manfaat tumbuhan umbi batang

Umbi batang biasanya digunakan sebagai bahan makanan dan dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, membuat Umbi-umbian ini sangat cocok untuk program diet. 

Pada artikel kali ini, kami akan bahas mengenai manfaat tumbuhan umbi batang. Untuk lebih detailnya, silakan simak ulasan berikut ini. 

9 Manfaat tumbuhan umbi batang yang wajib kita ketahui

1. Pengganti makanan pokok

Kita semua tahu, kalau umbi batang mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karenanya, umbi batang sangat cocok dijadikan sebagai pengganti makanan pokok. Jadi ketika terjadi krisis tidak ada beras, kita masih bisa bertahan hidup dengan memanfaatkan umbi-umbian ini. 

2. Pencegah stress

Umbi batang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Magnesium ini bisa loh menjadikan orang lebih rileks dan lebih bahagia. Sehingga seseorang akan terhindar dari gangguan stress. Magnesium yang ada pada umbi batang juga bermanfaat untuk tulang, otot, dan jantung.

3. Pencegah kanker

Umbi batang memiliki kandungan karoten yang tinggi. Berdasarkan riset yang ada, zat ini berfungsi sebagai pencegah kanker paru-paru dan kanker payudara. Jadi, tidak ada salahnya kita mengonsumsi umbi-umbian khususnya umbi batang. Selai kenyang juga mendapat manfaat yang amat banyak. 

4. Memperlancar metabolisme dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Di dalam umbi batang, memiliki kandungan vitamin B6. Zat ini dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan masa otot, hingga menjaga fungsi saraf. Vitamin B6 juga sangat membantu memaksimalkan kinerja otak kita. 

5. Menangkal virus dan radikal bebas

Tanaman umbi-umbian khususnya umbi batang mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai pencegah virus dan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, dengan vitamin C, penyembuhan luka juga menjadi lebih cepat. Vitamin C juga membantu kesehatan kulit, sehingga kulit tidak mudah keriput dan tampak lebih muda.

6. Menyehatkan tulang dan gigi

Umbi batang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi loh sob. Oleh karena itu mengonsumsi umbi batang dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D juga dapat meningkatkan energi serta keceriaan seseorang.

7. Melancarkan peredaran darah

Tahu tidak si? Kalau umbi batang mengandung zat besi? Zat ini dapat membantu menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih loh. Jadi, aliran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar. Kalau darah mengalir dengan lancar, proses metabolisme tubuh juga menjadi lebih sehat.

8. Membantu program diet

Umumnya tanaman umbi batang memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Nah ini sangat bagus untuk kalian yang sedang diet. Selain itu, serat yang terkandung didalamnya juga tinggi, hal ini bisa menjadikan pencernaan mu tetap sehat.

9. Dijadikan olahan cemilan

Beberapa jenis umbi batang ada yang dimanfaatkan untuk diolah lagi menjadi makanan ringan. Hal ini tentu menambah nilai jual dari umbi batang tersebut. Olahan makanan yang biasanya memakai bahan dasar umbi batang yakni keripik, stik, bakpao, dan lain sebagainya.

Nah demikianlah artikel tentang manfaat tumbuhan umbi batang. Semoga artikel kali ini dapat lebih bermanfaat untuk kita semua. Tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh sobat. Agar kita tetap bisa survive di masa sekarang. 

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat, ok!

Post a Comment for "9 Manfaat tumbuhan umbi batang yang wajib kita ketahui"