Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

6 Akibat sombong terhadap sesama, hati-hati nomor 3 paling berbahaya!

Akibat sombong terhadap sesama

Jafarull.com - Manusia diciptakan oleh Allah dengan disertai hawa nafsu dan beragam sifat. Salah satu sifat yang melekat pada diri manusia adalah sifat sombong. 

Allah memberi sifat sombong untuk menguji manusia, apakah ia mampu mengendalikannya atau justru terlena dan tertelan dalam kesombongan. Orang yang mampu mengendalikan sifat sombong hidupnya akan sederhana. Ia akan menganggap semua yang dimiliki hanya titipan. 

Sebaliknya, orang yang tak bisa mengendalikan sifat sombong maka ia akan merasa berkuasa. Seolah-olah apapun bisa didapatkannya. Ia tak menyadari bahwa apa yang diperolehnya hanyalah titipan saja. 

Sebagai manusia, kita wajib menghindari sifat sombong. Karena sifat ini sangat dibenci Allah dan tidak disukai orang lain. Kalau kita sombong, tentu akan mendapatkan akibat dari masyarakat sekitar. Entah itu dijauhi, merasa tak nyman, dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Akibat sombong terhadap sesama. Pembahasan ini diambil guna memberikan edukasi bahwa sikap sombong wajib dihindari. Karena dampaknya yang tidak mengenakkan.

Akibat sombong terhadap sesama
Akibat sombong terhadap sesama

6 Akibat sombong terhadap sesama

1. Dijauhi teman / saudara / orang lain

Hidup rukun sangat didambakan oleh semua orang. Dengan begitu, bisa saling tolong-menolong dengan sesama. Ketika ada yang susah, yang lain membantu. Ketika ada yang berduka, yang lain ikut meringankn beban sesamanya. 

Nah kehidupan demikian tidak akan bisa diraih oleh orang yang sombong. Hal ini karena orang sombong akan dijauhi oleh orang lain. Coba saja perhatikan di lingkungan kalian, apakah ada yang mau berteman dengan orang yang suka menyombongkan diri? 

Maka dari itu, jangan bersikap sombong. Manusia terlalu hina jika berani menyombongkan diri. 

2. Hidup jadi tidak tenang

Bagaimana rasanya dijauhi orang lain karena kita sombong? Hem pasti sangat tidak enak banget ya. Mau apa apa rasanya "gemrungsung" ora nggenah banget (kata orang jawa). 

Orang yang sombong juga puny hati sob, dia akan merasa kesepian ketika orang lain meninggalkannya. Perasaannya jadi tak karun karena banyak yang dipikirkan. Mau mengadakan acara apapun juga jadi bingung, tetangga akan datang atau tidak. Sedih banget kan?

3. Allah murka

Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur'an bahwasanya orang yang memiliki kesombongan meski sebesar biji sawi, ia diharamkan masuk surga. Allah sangat membenci orang yang dombong. Karena hal tersebut sama saja dengan tidak mensyukuri nikmat yang telah Allh berikan. 

Allah memberikan ancaman neraka Jahanam bagi orang yang menyombongkan diri. Kita semua tahu bahwa neraka jahanam merupakan neraka paling panas dengan siksa yang amat pedih. Amat keras ancaman yang diberikan bagi orang-orang yang sombong. 

4. Merusak Amal ibadah

Akibat sombong terhadap sesama yang berikutnya adalah dapat merusak amal ibadah. Perbuatan ibadah yang semestinya mendapat pahala, hanya karena kita sedikit sombong maka amal ibadah tersebut bisa berubah menjadi dosa. 

Hal ini karena niat kita sudah berbelok, yang tadinya lillahi taala, berubah menjadi sombong karena ingin dipuji manusia. Yahh semoga saja kita tidak termasuk orang-orang yang sombong. 

5. Tidak bisa bersyukur

Orang yang menyombongkan diri merasa dirinya bisa dan istimewa. Ia akan susah untuk menyadari karunia Allah yang telah diberikan padanya. Bagaimana bisa bersyukur dengan apa yang didapat, mengakui semua yang dimiliki atas rahmat Allah saja tidak bisa. 

Kalau kita kufur nikmat, maka Allah akan marah. Karena telah mengingkari apa yang diberikan padanya. Ancaman bagi orang yang kufur nikmat adalah Api Neraka. 

6. Mendatangkan penyesalan

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Yaahh semuanya bakal sirna, entah kapan waktunya dan entah apa penyebabnya. Sama halnya dengan kesombongan, sesuatu yang kita sombongkan pasti akan sirna. 

Misalnya saja kita sombong dengan harta yang dimiliki, maka suatu saat harta tersebut bakalan lenyap dan habis. Kita bangkrut dan tersungkur. Ujungnya? Tentu akan sangat menyesal. Oleh karena itu, hindarilah sifat sombong selagi masih diberi kesempatan untuk bernafas. 

Demikianlah pembahasan mengenai Akibat sombong terhadap sesama. Kita jadi lebih tahu bahwa sombong hanya akan membawa keburukan dan kemurkaan Allah. 

Perlu disadari bahwa hidup di dunia hanya sementara, maka untuk apa semua ini kita sombongkan? 

Share artikel ini jika dirasa bermanfaat sobat.

Post a Comment for "6 Akibat sombong terhadap sesama, hati-hati nomor 3 paling berbahaya!"