Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ketahui 5 Bahaya YoWhatsApp sebelum kamu menginstalnya

Serba-serbi YoWhatsapp

Jafarull.com - Baru-baru ini tengah ramai diperbincangkan mengenai yowhatsapp. Aplikasi WhatsApp tak resmi tersebut kembali menjadi sorotan lantaran berpotensi mengandung Malware tetapi tetp dipakai oleh masyarakat.

Yowhatsapp adalah aplikasi WhatsApp tidak remi yang telah dimodifikasi sehingga memiliki fitur yang tidak dimiliki WhatsApp resmi. Misalnya saja fitur centang biru setelah membalas pesan, fitur sembunyikan lihat story orang lain, fitur pesan anti hapus, fitur status anti penghapusan, dan lain sebagainya. 

Melihat dari fitur yang ditawarkan, tidak heran memang jika banyak masyarakat yang lebih memilih WhatsApp mod seperti yowhatsapp ketimbang WhatsApp resmi. Ancaman kebocoran data dan adanya malware pada aplikasi tersebut pun tak dihiraukan. 

Apakah aplikasi yowhatsapp aman?

Bagi sebagian orang mungkin akan berpikir, "ah aku bukan orang penting juga, isi chat ku juga tidak ada yang penting, jadi tidak masalah kalau aku pake WhatsApp mod". Pemikiran tersebut memang sah-sah saja, karena belum mengalami kebocoran data secara langsung. 

Dilansir dari berbagai sumber, yowhatsapp atau WhatsApp mod memiliki potensi bahaya yang tidak main-main. Pengguna bisa diblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp. Selain itu, data-data pribadi kita juga rawan dicuri dan dijual belikan oleh pelaku cyber crime. 

Data berupa informasi chat, kontak, alamat surel, hingga media yang ada di smartphone bisa dicuri. Hal ini tentu sangat beresiko jika data-data tersebut disalahgunakan untuk kejahatan. Tidak mau kan jika data pribadi kita bocor dan diperjualbelikan secara bebas? Oleh karena itu, bijaklah dalam memakai sebuah aplikasi.

Bahaya yowhatsapp
bahaya yowhatsapp

Bahaya yowhatsapp

1. Akun pengguna bisa diblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp

Pihak WhatsApp secara resmi telah mulai memblokir akun pengguna yang memakai WhatsApp mod, termasuk yowhatsapp. Meskipun belum semuanya, tapi paling tidak ada efek jera bagi pengguna YoWhatsApp. Pihak WhatsApp juga mengimbau agar menggunakan aplikasi yang resmi, agar akun WhatsApp aman.

Rasanya sangat tidak enak banget kalau akun utama sampai terblokir. Kita harus rela repot-repot mengganti akun WhatsApp dengan  nomor baru. Memang si kelihatan sepele, tapi kontak yang kita miliki, mereka belum tentu menyimpan nomor kita yang baru. 

2. Isi chat rawan diintip 

Aplikasi WhatsApp resmi menggunakan keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption). Jadi pihak lain tidak akan bisa melihat isi chat kita dan sistem ini juga sulit untuk diretas atau dihack melalui jalur komunikasi. Semua data-data kita seperti chat, media, hingga kontak juga tersimpan aman di database WhatsApp.

Sedangkan YoWhatsApp, kita tidak tahu sistem keamanannya. Ada yang bilang kalau memakai Yowhatsapp atau WhatsApp mod sejenisnya, isi chat kita bisa dilihat oleh pembuat aplikasi tersebut. Hal ini karena aplikasi yang sudah dimodifikasi bisa jasa disisipi sesuatu. Kita juga tidak tahu database dan server yang digunakan YoWhatsApp. 

3. Ancaman virus

WhatsApp mod seperti yowhatsapp, bisa saja disisipi malware dan spyware. Hal ini karena aplikasi tersebut didownload melalui situs web yang kredibilitasnya saja kita tidak tahu. Perlu diketahui, malware ini bisa mengoperasikan perangkat yang kita miliki tanpa perlu persetujuan. Jadi perangkat bekerja sendiri tanpa kita gunakan. Selain itu, malware dapat mematikan perangkat, dan mencuri data pribadi pemilik perangkat.

Sedangkan spyware bisa mencuri data pribadi kita seperti kata sandi, PIN, histori perangkat, bahkan yang lebih menyeramkan bisa mengakses informasi keamanan negara. Kalau seperti ini, jadi ngeri sendiri deh memakai aplikasi tak resmi.

4. Membahayakan perangkat

Aplikasi WhatsApp mod seperti YoWhatsApp umumnya di download melalui situs web. Tak jarang juga aplikasi tersebut disisipi link yang menuju ke web tertentu. Hal ini bisa menyebabkan data-data kita bisa diakses melalui server pihak ketiga. 

Selain itu, ada juga ancaman adware. Aplikasi YoWhatsapp bisa saja menginstal aplikasi yang berisi iklan dengan sendirinya. Perangkat yang kalian miliki bisa lemot dan penuh dengan iklan mengganggu. Kan tidak enak banget kalau lagi main game muncul iklan, lagi browsing muncul iklan, lagi ngetik muncul iklan. 

5. Tidak dapat diupdate melalui play store

Kita semua sudah tahu, bahwa aplikasi WhatsApp mod seperti Yowhatsapp didownload melalui situs web. Jadi ketika aplikasi tersebut sudah mulai usang, maka tidak akan bisa diperbarui melalui play store. 

Ketika aplikasi YoWhatsapp yang kita install sudah usang dan perlu pembaruan, maka kita harus mendownload ulang YoWhatsApp versi terbaru di situs web. Nah hal ini tentu sangat merugikan, karena isi chat bisa saja hilang. 

Nah demikianlah bahaya YoWhatsApp yang perlu kita waspadai. Sayangi data-data pribadi kita demi terhindar dari kejahatan dunia maya. Bijaklah dalam menggunakan sesuatu, karena yang akan menanggung adalah diri sendiri. Kalau data pribadi sampai diperjualbelikan, diri kita sendiri yang bakalan rugi. 

Oleh karena itu, sayangi data-data pribadimu. Pakailah aplikasi yang resmi agar selalu mendapat support dan pembaruan secara berkala. Jangan sampai kita menyesal hanya karena menginstal aplikasi tidak resmi. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat sobat.

Referensi:

  • Liputan6.com
  • Kompas.tv

Post a Comment for "Ketahui 5 Bahaya YoWhatsApp sebelum kamu menginstalnya"