Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cara membuat rebusan jahe dan sereh beserta Manfaatnya untuk tubuh

Cara membuat rebusan jahe dan sereh

Jafarull.com - Jahe dan sereh menjadi salah satu bumbu masakan yang tak pernah absen dalam setiap hidangan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kedua bahan ini juga sering dipakai sebagai bahan minuman. 

Minuman ini tentu sangat bermanfaat untuk tubuh sobat. Kandungan vitamin dan mineral serta zat-zat obat yang ada di dalamnya, akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

cara membuat rebusan jahe dan sereh
cara membuat rebusan jahe dan sereh

Lalu bagaimana si cara membuat rebusan jahe dan sereh kekinian? Dan apa saja manfaatnya untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

Langkah Mudah Cara membuat rebusan jahe dan sereh di rumah

Bahan:

1 liter air

2 batang serai (memarkan)

2 ruas jahe ( kupas, memarkan)

1 bungkus teh celup

2 lembar daun jeruk 

2 sendok makan madu

Garnish :

1 batang Serai

Cara Membuat:

1. Rebus air, serai, daun jeruk dan juga jahe. Pastikan sampai mendidih dan aromanya harum.

2. Masukkan teh celup dan tunggu sampai warna teh terlihat coklat, kemudian sisihkan dan saring 

3. Tuang madu ke dalam gelas, kemudian teh serai jahe.

4. Aduk menggunakan batang serai.

5. Minuman teh serai jahe siap disajikan.

Setelah membuat ramuan jahe dan sereh, selanjutnya kita harus tahu dong, apa saja manfaatnya untuk tubuh? Berikut informasinya untuk kalian semua.

Manfaat rebusan jahe dan sereh

1. Menghilangkan lendir dalam tubuh

Lendir dalam tubuh biasanya muncul karena makanan dan minuman yang kita konsumsi. Misalnya saja mengonsumsi makanan berminyak dan minum minuman dingin. Pasti produksi lendir dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Ramuan jahe dan sereh dapat menghilangkan lendir yang ada di dalam tubuh. Biasanya ada di bagian tenggorokan dan sangat menggangu pernapasan. Kalau dikonsumsi secara rutin maka pernapasan akan terasa lebih enteng. 

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Wedang jahe dan sereh ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita loh. Mengonsumsi minuman ini dapat mengurangi peradangan. Jahe dan sereh mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jadi dapat menguatkan imun tubuh. Apalagi kalau dikonsumsi di masa pandemi seperti sekarang, cocok banget deh untuk menjaga tubuh dari berbagai ancaman virus.

3. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut biasanya muncul dari bakteri yang bersarang di mulut dan gigi. Bisa juga karena makanan yang kita konsumsi yang tidak terfermentasi secara baik oleh pencernaan. 

Untuk menghilangkan bau mulut cukup mudah kok, kalian bisa berkumur dengan air rebusan jahe dan sereh. 

cara membuat rebusan jahe dan sereh
cara membuat rebusan jahe dan sereh

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun dalam tubuh biasanya keluar melalui keringat atau cairan (buang air kecil dan besar). Racun dalam tubuh bisa terjadi karena makanan yang kita makan dan hasil metabolisme tubuh. 

Nah kandungan zat dalam sereh ini bersifat diuretik yang mampu mengeluarkan zat beracun dalam tubuh terutama di hati dan ginjal. Akibatnya tubuh akan mudah mengeluarkan cairan dan sering buang air kecil. Ini masih wajar kok sob, karena bagian dari metabolisme. 

5. Meredakan mual dan kembung

Jahe yang hangat akan terasa nikmat diminum ketika bada drop. Jahe mampu menghilangkan ras mual dan kembung akibat gas berlebih dalam tubuh. 

Jadi kalau kalian mengalami mual dan kembung, cobalah untuk minum ramuan jahe dan sereh. Jangan apa-apa minum obat kimia, karena efeknya bakal buruk buat tubuh. 

6. Menjaga kadar kolesterol dan gula darah

Ada sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology yang menyebutkan bahwa sereh dapat membantu menurunkan kadar glukosa, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam tubuh. Jahe juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

7. Sebagai obat batuk

Jahe dapat memberikan efek hangat dan nyaman untuk tenggorokan. Jika kalian sedang mengalami batuk, cobalah minum air rebusan jahe dan sereh. 

Jahe mampu mengikat dan menyingkirkan bakteri yang bersarang di tenggorokan. Sehingga batuk yang dialami menjadi mereda dan bisa sembuh. 

8. Menghangatkan badan

Sifat jahe yang mampu menghangatkan badan, memang cocok dinikmati di pagi hari atau malam hari. Ketika musim hujan juga akan terasa lebih nikmat lagi. Badan menjadi hangat dan segar. Stamina tubuh kembali pulih. 

Demikianlah pembahasan mengenai Cara membuat rebusan jahe dan sereh beserta Manfaatnya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi bahan alami, kita akan jauh lebih sehat. Jadi jangan ragu untuk terus memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita. 

Share artikel ini jika bermanfaat sobat!

Referensi :

  • Channel YouTube Masak. TV 
  • PortalJember.com
  • Theasianparent.com

Post a Comment for "Cara membuat rebusan jahe dan sereh beserta Manfaatnya untuk tubuh"