Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Ceramah singkat tentang ilmu lengkap beserta dalil

Ceramah singkat tentang ilmu

Jafarull.com - Ceramah menjadi salah satu metode pembelajaran yang dilakukan di Indonesia. Sudah sejak lama ceramah dipakai untuk mentransfer ilmu. Hal ini tak terlepas dari kemudahan dalam penyampaian. Siswa lebih mudah mendengarkan dan guru lebih leluasa dalam menyampaikan.

Meski demikian, metode ceramah memiliki kekurangan tersendiri. Seperti guru lebih mudah lelah. Siswa mudah lupa karena hanya mendengarkan dan mengandalkan daya ingat, dan lebih efektif jika tatap muka. 

Contoh Ceramah singkat tentang ilmu lengkap beserta dalil
ceramah singkat tentang ilmu

Ceramah masuk dalam materi pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini karena ceramah merupakan salah satu materi yang menekankan keterampilan berbahasa beruba berbicara. Siswa diharapkan dapat berbicara dengan lancar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ceramah singkat tentang ilmu. Contoh yang kami sajikan ini akan lebih bagus jika kalian kembangkan sendiri. Jadi konteksnya bakal pas dengan apa yang disampaikan. 

Contoh ceramah singkat tentang ilmu singkat beserta dalil

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Amma ba’du.

Bapak ibu yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan kenikmatan yang besar. Sehingga, pada kesempatan kali ini kita masih mampu melangkah, kita masih mampu hadir dalam acara yang mulia ini. 

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Saw. Nabi yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari akhir kelak. Semoga kita semua termasuk dalam umatnya dan bisa bersamanya di kelak. Amin ya robal, Alaamiinn.

Hadirin yang dirahmati Allah, ilmu menjadi jembatan agar semua yang dilakukan sesuai dengan kaidanya masing-masing. Ilmu menuntun manusia untuk terus berbuat baik dan memperbaiki diri. Mnusia jadi bisa membedakan antara yang baik dengan yang buruk. Tanpa ilmu, manusia akan tersesat dan tak punya arah. 

Misalnya saja ketika manusia tak memiliki ilmu untuk memakai sepatu, bisa saja ada yang memakai di kepala, sikut, atau bahkan memakai sebelah sepatu dan sebelahnya lagi sandal. Karena manusia memiliki ilmu, maka memaki sepatu yang benar dan yang baik ya di kaki. 

Mungkin kita semua sering mendengar kalimat "carilah ilmu sampi ke negeri China". Kalimat tersebut mengisyaratkan agar kita mencari ilmu yang bermanfaat sampai kemanapun. Dari desa ke desa, ke kota, hingga ke luar negara. Sesusah apapun mencari ilmu, tetap harus dilakukan. Karena merupakan kewajiban manusia sejak di alam kandungan hingga ia mati.

Nabi Saw. pernah bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” [HR. Ibnu Majah no. 224].

Hadist tersebut sangat jelas bahwa entah itu laki-laki ataupun perempuan, wajib hukumnya menuntut ilmu. Tak ada perbedaan, semua sama harus belajar dan mencari ilmu yang bermanfaat kemudian mengamalkannya. 

Inti dari hidup sebenarnya adalah kebermanfaatan untuk sesama makhluk ciptaan Allah. Manusia menjaga dan melindungi bumi, kemudian alam memberi manfaat untuk manusia. Istilah biologinya si simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. 

Kalau sudah bisa hidup bareng berdampingan sesui dengan kodratnya masing-masing, pasti akan tentram dan damai. Tanpa ada kerusuhan dan permusuhan. Perpecahan yang seharusnya tak terjadi juga bisa teratasi. Ini semua bisa terlaksana jika semua manusia sadar akan ilmu. 

Dalam hadist lain, Nabi menjelaskan bahwa Allah akan memudahkan hamba-Nya masuk ke surga jika hamba-Nya mencari ilmu.

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: Barang siapa yang berjalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan dirinya jalan menuju surga. hadist dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu [HR. Muslim].

Dari hadits di atas merupakan sebuah janji Allah bagi orang-orang yang mau menuntut ilmu. Janji Allah itu pasti, Ia tidak akan mengingkari. 

Hadirin yang berbahagia, Allah telah memberikan akal pikiran pada kita semua. Allah memberikan ilmu pada hambanya agar bisa tetap di jalanNya. Allah sendiri akan memberikan ilmu kepada seorang hamba bagi yang dikehendakinya. 

Hal ini sesuai dengan hadits nabi sebagai berikut.

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

Artinya: “Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang ilmu agama.” [HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037].

Hadist tersebut menjelaskan bahwa jika seorang hamba berbuat baik dan mencari jalan Allah, maka Allah akan memberi pemahaman mengenai ilmu agama. Ilmu agama ini sangat penting saudara-saudara sekalian. Karena ilmu agama menuntun manusia ke jalan yang lebih baik. 

Dengan adanya ilmu agama, maka hati manusia menjadi hidup. Hati manusia menjadi lebih terang. Semoga saja kita termasuk orang-orang yang baik yang diberi pemahaman ilmu agama oleh Allah, amin allahumma, amiinn.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, apabila ada kesalahan dan kehilafan yang kurang berkenan, saya mohon maaf. 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ

الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ

“Baarokalloohu li walakum fiqur’anil kariim. Wanafa’ani waiyyakum bima fiihi minal aayaati wadzdzikril hakim. Aqulu qouli hadza wastagfirullohal adhim lii walakum walisairil muslimiina walmuslimat walmukminina wal mukminat. Fastagfirullohal ’adhim li walakum innahu huwal ghofururrohiim”

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nahh itulah contoh ceramah singkat tentang ilmu. Semoga bisa memberikan pencerahan dan manfaat untuk kita semua. Dengan ilmu kita bisa maju, dengan ilmu kita bisa bersama. 

Jangan lupa share ke teman-teman kalian sobat.

Post a Comment for "Contoh Ceramah singkat tentang ilmu lengkap beserta dalil "