Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ceramah singkat tentang sedekah lengkap dengan dalil

Ceramah singkat tentang sedekah

Jafarull.com - Ceramah merupakan kegiatan komunitas lisan satu arah. Dinamakan komunikasi satu arah karena yang berbicara hanya penceramah saja. Sedangkan pendengar hanya menyimak isi ceramah tersebut. 

Tema dari ceramah juga beragam, bisa mengangkat seputar agama, sosial, budaya, atau bahkan teknologi yang kiranya ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tema yang diangkat juga menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada, misalnya ceramah di masjid pasti mengangkat masalah agama, ceramah di sekolah mengangkat masalah pendidikan dan sosial, ceramah di tempat umum mengangkat masalah sosial dan budaya.

Ceramah singkat tentang sedekah
Ceramah singkat tentang sedekah

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh ceramah singkat tentang sedekah. Kami menyadari bahwa sedekah dapat memberikan manfaat kepada penerima dan pemberi. Bagi si pemberi tak hanya mendapat pahala, tetapi juga balasan kebaikan di dunia. 

Contoh ceramah singkat tentang sedekah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Swt. Karena berkat limpahan rahmat dan nikmatNya kita masih diberi kesempatan berkumpul di acara yang mulia ini. 

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad Saw. Nabi akhir zaman yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir kelak. Semoga kita menjadi umatnya yang mendapat syafaat dan diberi kesempatan berkumpul dengan orang-orang sholeh, amin allahumma, amin 

Saudara-saudara ku sekalian, masa pandemi seperti ini sangat menyulitkan kita semua mengais rezeki. Ada yang kehilangan pekerjaan akibat pengurangan karyawan, ada yang tak bisa bekerja karena jalan ditutup, hingga ada yang terkena razia karena tetap berjualan. 

Masa-masa seperti ini, memang rasanya sulit untuk mengeluarkan uang sedikit untuk bersedekah. Padahal jika kita tahu keutamaan sedekah, orang di seluruh dunia bakal berbondong-bondong untuk sedekah.

Sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin. Allah akan cukupkan rizki untuk kita dan memberikan rizki yang tak terduga untuk kita. Dari sisi kemanusiaan, sedekah dapat membantu orang lain yang tengah kesusahan. Untuk lebih jelasnya, saya akan paparkan beberapa manfaat sedekah berikut ini.

1.  Rezki menjadi bertambah

Saudara-saudara ku sekalian, dengan bersedekah kita takan jatuh miskin. Justru dengan bersedekah, harta yang kita miliki akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. Karena fungsi sedekah sendiri sebagai pembersih harta yang dimiliki. 

Nabi sendiri menganjurkan umatnya untuk senantiasa bersedekah karena dengan begitu, Allah akan menambah harta yang dimiliki berkali-kali lipat. Rosull Saw pernah bersabda

“Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian”. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Di dalam Al-Qur'an juga dijelaskan bahwa ketika kita bersedekah, bakalan diganti oleh Allah berlipat-lipat. Allah SWT berfirman dalam Q.S Al Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. (Al Baqarah: 261).

2.  Mengangkat derajat seseorang

Orang yang bersedekah, derajatnya akan tinggi di hadapan Allah maupun manusia. Orang yang rajin bersedekah akan terpandang dermawan dan biasanya akan didoakan oleh penerima sedekah. Sedangkan di hadapan Allah, orang yang bersedekah tentu mendapat tempat yang sangat baik. 

Hal ini karena orang tersebut mau mengeluarkan harta yang dimiliki untuk beribadah / dibelanjakan di jalan Allah. Rosull Saw. bersabda yang artinya sebagai berikut.

“ Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta . Allah SWT akan menambah kemulyaan kepada hambanya yang pemaaf dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah SWT, Allah SWT akan mengangkat derajatnya. “ ( H.R Muslim )

Dari hadits tersebut, kita belajar bahwa sedekah takan mengurangi sedikitpun harta yang kita miliki dan kita bakal mendapatkan tempat yang mulia dan derajat yang tinggi di sisi Allah. 

3.  Didoakan malaikat

Perbuatan sedekah ternyata tak hanya anjuran rosul dan perintah Allah semata. Malaikat juga turut senang dengan orang-orang yang bersedekah. Malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah seperti yang dijelaskan dalam hadits Rosull Saw sebagai berikut.

Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW bersabda “ Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi,dua malaikat akan turun kepadanya,lalu salah satu berkata : Ya Allah berilah harta kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satu berkata : Ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil. ( Muttafak Alaih ).

Saudara-saudara ku sekalian. Malaikat saja senang dengan orang yang bersedekah. Bahkan kita didoakan oleh malaikat ketika bersedekah. Malaikat itu makhluk Allah yang tidak pernah berbuat dosa, doanya pasti akan dikabulkan oleh Allah. 

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengeluarkan harta, apalagi mengeluarkan harta di jalan Allah. Pasti akan dilipatgandakan dengan kebaikan-kebaikan yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya. 

Demikianlah ceramah singkat tentang sedekah. Semoga bisa menjadi pengingat agar kita menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat untuk sesama. Memberi sedekah tidak harus di masjid ataupun di panti. Memberi sedekah bisa ke saudara, tetangga, atau bahkan orang di sekitar mu yang membutuhkan.

Terima kasih, saya tutup Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarokatuh.

Contoh ceramah singkat tentang sedekah di atas dapat kalian kembangkan sendiri ya. Jadi tidak harus sesuai teks yang ada di atas. Sesuaikan dengan bahasa masing-masing saja agar lebih enak dan dipahami oleh semua orang.

Share jika artikel kali ini bermanfaat sobat.

Post a Comment for "Ceramah singkat tentang sedekah lengkap dengan dalil"