Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh teks eksposisi tentang covid-19 beserta strukturnya

Contoh teks eksposisi tentang covid-19

Jafarull.com - Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi penyampaian informasi secara singkat padat dan jelas. Teks ini bersifat menyampaikan, isinya berupa data dan fakta serta argumen untuk memberikan penjelasan kepada pembaca. Sehingga pembaca menjadi lebih tahu mengenai suatu permasalahan yang ada. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan contoh teks eksposisi tentang covid-19. Kami tahu bahwa permasalahan pandemi global saat ini terus berlanjut. 

Contoh teks eksposisi tentang covid-19
Contoh teks eksposisi tentang covid-19

Tujuan kami menyampaikan informasi ini yakni untuk mengedukasi kita semua mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh dari virus covid-19. 

Pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi covid 19

Tesis:

Virus covid-19 telah menyebar dan memporak-porandakan kegiatan masyarakat di seluruh dunia. Virus ini terus bermutasi dan tingkat penyebarannya menjadi lebih cepat. 

Setelah varian Delta menyebar luas, kini dunia harus bersiap menghadapi virus covid-19 varian lambda. WHO mengatakan kalau varian lambda penyebarannya begitu cepat dan ia tahan dengan vaksin covid. 

Pemerintah telah berupaya sebaik mungkin untuk mengatasi permasalahan pandemi. Misalnya saja seperti percepatan vaksinasi guna tercapainya herd imunity, pemberian bantuan untuk warganya, hingga membatasi keluar masuk warga di beberapa kota. 

Argumen:

Perlu diingat, covid-19 bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Virus ini tak mengenal usia, jadi banyak juga anak dan pemuda yang harus tumbang akibat virus corona ini. 

Dedy Corbuzier saja yang sering olahraga, menjaga pola makan dengan baik, serta prokes yang ketata masih bisa kena covid-19. Bahkan di podcast nya ia mengatakan bahwa di minggu kedua ia merasa kritis dan hampir kehilangan nyawa. 

Hal tersebut sangat menghawatirkan terlebih bagi mereka yang tidak menerapkan prokes. Istilahnya, "yang menjaga prokes dengan ketat saja bisa seperti itu, apa lagi kita yang abai?".

Argumen:

Seharusnya kita menjadi lebih taat dengan protokol kesehatan. Memakai masker ketika hendak pergi keluar rumah. Selalu mencuci tangan dengan sabun ketika masuk ke tempat tertentu. 

Sudah saatnya kita berhenti saling salah menyalahkan. Kalau kamu tidak takut covid, setidaknya tetaplah pakai masker untuk menjaga hati orang lain agar tidak tersinggung. Kalau kamu taat prokes dan melihat orang lain tidak memakai masker, setidaknya ingatkn dia dan kasih masker. 

Hidup saat ini serba sulit. Masalah sedikit saja rasanya berbelit-belit. Fokus saja dengan menjaga kesehatan diri masing-masing agar terhindar dari covid. Karena kesehatan tidak bisa dibeli dengan uang, jadi tetaplah menjaga kesehatan. 

Penegasan ulang:

Dengan menjaga menerapkan prokes secara ketat, kita turut andil menjaga kesehatan tubuh. Kalau tubuh sehat, untuk melakukan berbagai aktivitas juga lebih enak. 

Tetap olahraga dan makan makanan bergizi. Agar vitamin dan energi yang diperlukan tubuh bisa tercukupi. Berjemur di pagi hari menjadi salah satu kegiatan yang efektif untuk memeroleh vitamin D. 

Kalau semua sudah terpenuhi dengan baik, pasti tubuh akan jauh lebih sehat. Intinya tetap patuhi protokol kesehatan. 

Demikianlah Contoh teks eksposisi tentang covid-19. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya sob. Jangan lupa share ke teman kalian agar mereka jadi tahu apa yang kamu ketahui. 

Post a Comment for "Contoh teks eksposisi tentang covid-19 beserta strukturnya"