Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh teks eksposisi tentang musik beserta strukturnya

Teks eksposisi tentang musik

Jafarull.com - Teks eksposisi adalah teks yang menyajikan informasi dengan disertai data dan fakta yang ada. Jadi dalam pembuatan atau penyusunan teks eksposisi, tidak boleh sembarangan. Harus didasari data yang ada. 

Tanpa adanya sebuah data dan fakta, maka teks tersebut hanyalah teks opini. Namanya saja eksposisi (ekspos), maka harus menyampaikan suatu informasi dengan benar secara singkat padat dan jelas. 

Contoh teks eksposisi tentang musik beserta strukturnya
Contoh teks eksposisi tentang musik beserta strukturnya

Pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai contoh teks eksposisi tentang musik beserta penjelasannya. Kami mengharapkan agar contoh ini bisa memberikan manfaat dan dijadikan referensi untuk kalian semua. 

Ketenangan jiwa dari mendengarkan musik

Tesis:

Musik menjadi salah satu karya seni yang selalu dinikmati oleh manusia. Musik memiliki beberapa aliran. Tiap aliran mempunyai ciri khas nadanya masing-masing. Misalnya saja musik rock, biasanya ketukan nadanya lebih keras dan cepat. 

Alunan nada yang mendengung di telinga, membuat jiwa terasa tenang. Tubuh seolah merespon dengan cara bergoyang dan mengangguk. Menikmati musik saat sendirian juga dapat mrmbuat hati lebih gembira. 

Ada sebuah penelitian mengenai orang yang mendengarkan musik. Bahwasanya, musik dapat mengatasi stress, menyenangkan suasana hati, hingga membantu orang cepat tertidur.

Argumen: 

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengarkan musik sembari rebahan. Tanpa disadari, kita justru terlelap tidur dengan pulas bersama dengan musik yang didengar. 

Mendengarkan musik secara teratur dapat mengembalikan kondisi kejiwaan kita. Perasaan kita akan lebih baik. Pikiran juga menjadi lebih tenang. Bahkan ada sebuah terapi yang menggunakan musik. 

Musik juga dapat membantu pemulihan setelah operasi. Kalau kita sedang banyak pikiran dan stress, sangat dianjurkan mendengarkan musik yang paling disukai. Hal ini guna menenangkan jiwa yang tengah kacau akibat amarah. 

Penegasan ulang:

Siapa saja dapat mendengarkan musik. Apalagi saat ini teknologi makin canggih, semuanya tersedi di smartphone. Kita bisa mencari musik yang disukai melalui internet. Kita juga bisa menyimpan musik di smartphone, sehingga dapat diputar kapanpun yang kita mau. 

Mendengarkan musik yang disukai secara teratur tentu memberikan manfaat bagi kesehatan psikologis kita. Musik juga menjadi "alat" yang murah untuk memberikan ketenangan jiwa manusia. Paling disarankan mendengarkan musik ketika bad mood.

Nah itulah Contoh teks eksposisi tentang musik beserta strukturnya. Kalian masih bisa mengembangkan teks tersebut menjadi teks yang lebih baik. Jangan takut untuk mencoba, tetapi takutlah ketika kamu tidak berani mencoba kemudian menyesal pada akhirnya. 

Share artikel ini jika dirasa bermanfaat sobat!

Post a Comment for "Contoh teks eksposisi tentang musik beserta strukturnya"