Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak?

Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak?

Jafarull.com - Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak memaksakan pendapat pribadi. Ini merupakan etika dasar berdiskusi. Tidak memaksakan pendapat pribadi berarti mampu menahan ego yang dimiliki. Mampu mengendalikan diri dengan baik, dan mampu membaca situasi. 

Ketika berdiskusi, kita juga harus menghormati orang lain. Caranya dengan mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain. Tidak memotong pembicaraan, dan tidak sibuk sendiri sehingga orang lain tersinggung. 

dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak
dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak

Selain itu, etika berdiskusi yang tak kalah paling adalah tetap tenang ketika diskusi berlangsung. Ketika menyampaikan pendapat juga harus tenang serta percaya diri. Postur tubuh tetap tegak dengan nada yang penuh semangat. Hal ini agar apa yang kita sampaikan bisa diterima oleh orang lain. 

Ketika diskusi berakhir, kita juga harus tetap legowo. Tidak boleh saling benci dan saling serang. Karena inti dari diskusi yakni menemukan jalan yang terbaik / keputusan terbaik untuk melangkah maju. Toh bisa jadi apa yang kita sampaikan masih kurang / memiliki dampak lain. Bisa jadi juga pendapat orang lain ada yang lebih baik dari kita. 

Contoh, jika kita terlalu memaksakan kehendak / pendapat sendiri, maka akan terjadi perpecahan di dalam tim. Selalin itu, keputusan yang diambil juga tidak akan sempurna karena hanya memandang dari satu sudut pandang saja. Sedangkan, ketika kita mengambil sebuah keputusan, harus memerhatikan berbagai kemungkinan yang ada dan dituntut untuk melihat dari berbagai sudut pandang. 

Artikel ini hanya sebagai pengingat saja sobat. Agar kita tidak egois memaksakan kehendak pribadi. Karena keegoisan justru akan membuat kita menjadi terpuruk. Share jika artikel ini bermanfaat sobat.

Post a Comment for "Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak?"