Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat ada tujuh, berikut penjelasannya!

Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat

Jafarull.com - Kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan dampak yang baik bagi sebuah negara. Jika ada kegiatan ekonomi yang tidak bisa berjalan, maka negara Indonesia bakal mengalami resesi. Contohnya saja negara kita ini, saat PSBB ketat 2020, ekonomi mandeg dan seret sehingga membuat Indonesia harus terperosok ke dalam jurang resesi. 

Beruntunglah Indonesia memiliki luas wilayah yang membentang dari ujung ke timur. Letak geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, memberikan efek baik kepada kita. Alam menyediakan kebutuhan kita semua. 

Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat
Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat

Walaupun terasa sulit, tapi kegitan ekonomi di beberapa daerah tetap berputar. Keberlangsungan kegiatan ekonomi ini tidak terlepas dari beberapa jenis usaha masyarakat yang ada. 

Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat ada tujuh, diantaranya usaha pertanian, peternakan, perhutanan, perdagangan, perikanan, pertambangan, dan perindustrian. Untuk lebih mengetahuinya sinak penjelasannya berikut ini. 

7 Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat Indonesia

1. Pertanian

Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur. Bahkan ada pepatah yang mengatakan kalau sebuah kayu visa tumbuh hanya "diletakan" saja. Hal ini tak terlepas dari kesuburan tanah Indonesia. 

Negara yang memiliki banyak sekali gunung berapi aktif ini memang dikaruniai tanah subur. Orang bilang tanah kita tanah surga, katanya. Oleh karena itu tidak heran jika mayoritas penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. 

Kalau di dataran tinggi, hasil pertaniannya adalah sayur mayur. Sedangkan di dataran rendah biasanya adalah buah-buahan. 

2. Peternakan

Kegiatan peternakan merupakan kegiatan budidaya hewan ternak untuk dimanfaatkan daging, telur, kulit dan bulu, hingga susunya. Jenis jewan yang dapat diternakan di Indonesia juga beragam, mulai dari hewan unggas hingga mamalia. 

Misalnya saja unggas: Puyuh, ayam, bebek, entok, burung, dan lain sebagainya. 

Mamalia seperti: kelinci, kambing, sapi, kerbau, domba, dan lainnya. 

3. Perdagangan

Sudah tak bisa dipungkiri lagi kalau Indonesia merupakan negara perdagangan. Sejak zaman dahulu, Indonesia menjadi pusat perdagangan (pasar) dari mancanegara. 

Kegiatan ekonomi perdagangan merupakan kegiatan jual beli barang dan jasa. Jadi, di pasar terdapat cahs atau pembelian sehingga uang beredar dari satu tangan ke tangan lain. Nah inilah yang membuat ekonomi negara Indonesia menjadi lebih kuat. Kebutuhan rumah tangganya lumayan besar. 

4. Perikanan

Usaha ekonomi perikanan yakni usaha yang dilakukan untuk membudidayakan hewan air seperti ikan, kepiting, kerang, lobster, udang, dan lain sebagainya. Usaha ini dibagi menjadi dua, yakni perikanan di drat dan di laut. 

- Darat

Usaha perikanan darat merupakan usaha pembudidayaan ikan yang dilakukan di darat. Biasanya memanfaatkan kolam buatan. 

- Laut

Usaha perikanan laut merupakan usaha pembudidayaan ikan yang dilakukan di tengah laut. Biasanya memanfaatkan semacam kolam yang diberi nama keramba apung. 

5. Perhutanan

Jenis usaha masyarakat yang kelima yakni perhutanan. Usaha jenis ini biasanya memanfaatkan hasil hutan seperti kayu, getah, dan sumberdaya lain yang ada di hutan. 

Nah hasil hutan ini, nantinya akan diolah atau langsung dijual ke pasaran. Umumnya kalau hasilnya berupa kayu, akan diolah dipengolahan. 

6. Pertambangan

Selain kaya akan hasil humi dan lautnya, Indonesia juga kaya akan hasil tambangnya. Banyak sekali mineral dan logam mulia yang terdapat di dalam tanah Indonesia. 

Jadi tidak heran kalau banyak sekali tambang yang mengeduk sumber daya alam kita. Seperti dua belah mata pisau, hasil tambang sangat bermanfaat dan berharga tetapi kerusakan alam tidak dapat dihindarkan. 

7. Perindustrian

Perindustrian merupakan kegiatan ekonomi dibidang industri. Industri memasok bahan mentah atau setengah jadi, kemudian akan diolah menjadi bahan jadi. Kemudian, nanti akan dipasarkan melalui distributor-distributor yang telah bekerjasama. 

Contoh kegiatan ekonomi perindustrian yakni industri sepatu, baju, makanan, minuman, hingga peralatan yang kita gunakan setiap hari. 

Nah itulah Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat. Kita jadi lebih tahu bahwa banyak sekali kegiatan ekonomi masyarakat. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman kalian jika bermanfaat. 

Post a Comment for "Jenis jenis usaha ekonomi masyarakat ada tujuh, berikut penjelasannya!"