Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Manfaat kecombrang yang harus kita tahu! Ssssttttt.! Bisa mencegah penyakit berbahaya ini loh!

Manfaat kecombrang

Jafarull.com - Kecombrang termasuk dalam tanaman rempah-rempahan. Batang pada tanaman ini tak terlalu besar. Tingginya bisa mencapai lebih dari dua meter. Daunnya melapisi batang dan tak terlalu lebar. 

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Batang, buah, biji, daun, dan bunganya bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Misalnya dijadikan sambal, urab, lalapan, dan lain sebagainya. 

Manfaat kecombrang
Manfaat kecombrang

Kecombrang memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi. Kandungan antioksidan sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat kecombrang. Hemm kira-kira tanaman rempah yang satu ini memiliki manfaat untuk apa saja ya? 

4 Manfaat kecombrang yang harus kita tahu!

Dilansir dari halodoc.com (28/08/2021), kecombrang memiliki beberapa manfaat, yakni:

1. Anti bakteri

Kecombrang memiliki kandungan anti bakteri alami yang dikenal dengan nama Bacillus cereus, Escherichia coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus. Zat inilah yang bakal melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, kecombrang juga mengandung minyak Atsiri, alkaloid, dan asam lemak yang terbukti ampuh melawan bakteri jahat. Jadi kalau kita mengonsumsi makanan dari olahan kecombrang, maka kita akan mendapatkan imun yang kuat. 

2. Anti kanker

Kita semua tahu, bahwa kecombrang memiliki antioksidan yang tinggi. Zat ini ternyata mampu menahan sel kanker menyebar luas ke seluruh tubuh loh. Tapi ya namanya juga penahan, hanya bisa beberapa waktu saja. Tidak bisa selamanya. 

3. Mengatasi kerusakan sel dalam tubuh

Antioksidan berperan besar dalam memulihkan sel tubuh yang rusak / mati. Misal ketika terjadi kerusakan sel akibat jatuh dari motor, maka antioksidan akan menyembuhkan sel-sel yang rusak tersebut. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk kalian yang sedang terserang penyakit untuk mengonsumsi kecombrang. 

4. Penyedap masakan

Sudah sejak lama kecombrang dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan penyedap masakan. Makanan jauh lebih nikmat jika dibumbui dengan rempah yang satu ini. Apalagi bagian bunganya, dapat diolah jadi sayur. 

Nah itulah beberapa manfaat kecombrang yang perlu kita ketahui. Sangkin banyaknya dan besarnya manfaat dari kecombrang, sudah saatnya kita melestarikan tumbuhan yang satu ini. Soalnya sudah mulai langka sob. 

Cukup sekian, jika bermanfaat silahkan share saja ok!

Referensi:

  • Halodoc.com

Post a Comment for "Manfaat kecombrang yang harus kita tahu! Ssssttttt.! Bisa mencegah penyakit berbahaya ini loh!"