Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Manfaat tumbuhan akar tinggal beserta contoh tumbuhannya

Manfaat tumbuhan akar tinggal

Jafarull.com - Perkembangbiakan secara vegetatif alami terbagi menjadi beberapa kelompok, salah satunya adalah akar tinggal. Perkembangbiakan vegetatif akar tinggal juga dikenal dengan nama akar rimpang, rhizoma, dan akar tongkat. 

Cara perkembangbiakan tanaman ini memanfaatkan batang yang tumbuh menjalar ke tanah. Biasanya tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini memiliki ruas-ruas yang cukup banyak. 

manfaat tumbuhan akar tinggal
manfaat tumbuhan akar tinggal

Contoh tumbuhan akar tinggal dan manfaatnya

Jahe

Jahe sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan juga olahan minuman. Tanaman yang satu ini juga memiliki rasa yang khas dengan sedikit pedas namun menghangatkan. 

Manfaat jahe yang lainnya yakni dapat menangkal virus dan radikal bebas, mencegah penyakit kanker, memperkuat imunitas tubuh, menurunkan gula darah dan kolesterol, dan lain sebagainya. 

Lengkuas

Tanaman yang satu ini juga kerap dijumpai dalam masakan. Seperti rendang misalnya, pasti menggunakan lengkuas. Kadang malah potongannya mirip seperti daging wkwk. 

Lengkuas memiliki manfaat antara lain, mengobati diare, mencegah infeksi, meringankan gejala asma, mengurangi peradangan dan nyeri, hingga mengobati panu. 

Kencur

Kencur juga salah satu bahan bumbu dapur yang sering kita jumpi. Rata-rata tumbuhan vegetatif akar tinggal memang merupakan tanaman bumbu & obat. 

Kencur memiliki segudang manfaat, diantaranya mengatasi diare, mengobati batuk, mencegah karies gigi, menghilangkan stress, hingga sebagai bahan jamu. 

Kunyit

Kunyit memiliki warna oranye yang lumayan pekat. Biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk berbagai masakan. 

Kunyit bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, meredakan gatal-gatal pada kulit, mengurangi stress, meredakan rasa nyeri, hingga sebagai bahan dasar jamu tradisional.

Temulawak

Temulawak juga dijadikan sebagai bahan bumbu masakan. Warnanya sedikit kekuningan, biasanya juga dijadikan sebagai bahan jamu. 

Manfaat temulawak antara lain melancaran sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, anti kanker, hingga sebagai antioksidan alami.

Nah demikianlah manfaat tumbuhan akar tinggal. Kita jadi lebih tahu bahwa kebanyakan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami akar tinggal merupakan tanaman bumbu dan obat. Dengan mengetahui informasi ini, semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua ya. 

Share artikel ini ke teman kalian jika dirasa bermanfaat. 

Post a Comment for "Manfaat tumbuhan akar tinggal beserta contoh tumbuhannya"