Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap?

Menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap?

Jafarull.com - Menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap toleransi. Sikap toleransi juga tertuang dalam Pancasila sila ketiga yang berbunyi "persatuan Indonesia". Artinya bahwa, walaupun Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, ras, dan agama, tetapi tetap satu padu dalam balutan bendera merah putih. 

Nah apa jadinya jika kita sebagai bangsa Indonesia tidak saking menghargai perbedaan yang ada? Pasti akan sangat kacau kondisi bangsa ini. Kerusuhan bisa saja terjadi dimana-mana. 

menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap?
menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap?

Contoh sederhana di lingkungan sekolah. Pasti setiap siswa memiliki latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Ada yang beragama Islam, Kristen, Katolik, dan lain-lain, tapi mereka tetap berbaur menjadi satu. Tidak ada permusuhan dan perpecahan. Semua mendapatkan hak yang sama untuk belajar dan mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi penerus bangsa Indonesia. 

Ini merupakan contoh dari sila ketiga. Penerapannya di lingkungannya sosial, harus dimulai dari tingkat pendidikan dasar. Agar apa? Agar siswa siswi dapat menghargai dan memiliki sikap toleransi yang tinggi. Sehingga mereka mampu membawa perubahan yang besar bagi Indonesia. 


Post a Comment for "menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap?"