Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa

Menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa?

Jafarull.com - menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa toleransi dan saling menghargai. Kita semua tahu bahwa manusia diciptakan dengan berbagai perbedaan. Antara yang satu dengan yang lainnya memiliki karakteristik masing-masing.

Kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk mengikuti kemauan kita sendiri. Atau menyuruh orang lain untuk menghilangkan karakternya. Karena kita hidup dalam perbedaan, maka perlu rasa saling menghormati dan menghargai (toleransi).

Toleransi merupakan sikap saling menghargai mereka yang berbeda dengan kita. Sehingga kita tidak mencela atau menjelek-jelekkan kekurangan dan karakter orang lain. 

menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa
menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa

Sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia telah diajarkan toleransi sejak lama. Indonesia yang memiliki keragaman budaya, agama, ras, suku, hingga bahasa mampu hidup rukun dalam balutan bhineka tunggal Ika. Tanpa adanya toleransi, maka tak mungkin merah putih masih berkibar hingga sekarang. 

Emm kira-kira apa saja si manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari? Berikut kami paparkan penjelasannya untuk kalian semua. 

1. Hidup lebih Damai

Ketika kita mampu untuk toleransi kepada sesama, maka tidak akan ada perpecahan. Hidup akan lebih damai dan indah. Keharmonisan antara satu dengan yang lain bisa tercipta dengan baik. 

Ketenangan hidup akan terasa, meski kanan kiri berbeda semua. Jadinya kita bisa merasakan hidup dengan tenang dan indah. 

2. Mempererat tali persaudaraan

Hubungan antara sesama akan lebih merekat jika kita saling toleransi. Misalnya nih, ada teman kita yang karakternya pemalu, sedangkan kita periang. Lalu kita ajak teman yang pemalu tadi untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah acara / kegiatan, pasti hubungannya akan menjadi lebih erat lagi.

Jadi tidak ada jarak antara kamu dan dia. Tidak ada pikiran negatif antara kamu dan dia. 

3. Memiliki cara pandang yang berbeda

Orang yang toleran, akan memandang dari berbagai sudut pandang. Mungkin dari kebanyakan orang akan memandang masalah A dengan A, tapi ketika kamu toleran, kamu bisa memandang masalah A dengan X misal. 

Sudut pandang tidak hanya satu saja. Dan ini menjadi keuntungan tersendiri karena orang yang cerdas nan bijak bisa memandang sesuatu dari berbagai arah. 

4. Memiliki empati yang tinggi

Toleransi berarti menghargai perbedaan yang ada. Dengan menerima perbedaan yang ada pada teman kita, maka kita termasuk orang yang berempati tinggi. 

Hal ini menjadi sangat penting sob, untuk bisa lebih survive dan menghormati mereka yang berbeda. 

5. Menumbuhkan rasa nasionalisme

Bangsa Indonesia terbentuk dari berbagai suku, ras, agama, budaya, dan bahasa. Semuanya beda dari ujung timur hingga barat. Meski demikian, kerukunan antar masyarakat tetap terjaga. 

Orang jawa yang datang ke minang, di sana diperlakukan seperti saudara sendiri. Orang minang yang datang ke betawi, di sana juga diperlakukan seperti saudara. Nah inilah yang menumbuhkan rasa nasionalisme. 

Bagaimana? Sudah tahu kan kalau menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa toleransi. 

Post a Comment for "Menghargai perbedaan karakter dapat mempererat rasa"