Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sedekah itu apa saja? Simak macam-macam sedekah berikut ini

Sedekah itu apa saja

Jafarull.com - Sedekah itu apa saja? Apakah hanya berupa materi saja? Atau boleh dengan tenaga dan pikiran? Katanya senyum merupakan sedekah juga? 

Perlu digarisbawahi sobat, sedekah tidak harus berbentuk materi saja. Sedekah bisa berupa pertolongan dan pemikiran. Sedekah juga bisa dalam bentuk senyuman. Jadi tidak mesti dan tidak harus berupa materi.

Sedekah itu apa saja
Sedekah itu apa saja

Untuk lebih jelasnya, kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam sedekah. Pembagian macam-macam sedekah ini berdasarkan dari apa yang disedekahkan. 

Macam-macam sedekah berdasarkan sesuatu yang disedekahkan

1. Sedekah harta benda

Harta benda yang dapat disedekahkan berupa materi yang bermanfaat. Misalnya saja berupa uang, baju, celana, tas, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Intinya yang berupa harta benda.

Semua benda yang bermanfaat dapat disedekahkan. Bahkan benda yang dianggap sepele sekalipun. Misalnya pulpen / pensil, kedua benda ini biasanya sering dipinjam oleh teman. Karenanya jika diniatkan untuk bersedekah maka kita akan mendapatkan pahala amal kebaikan dan pahala sedekah. 

2. Sedekah non harta benda

Sedekah non harta benda dapat berupa pemikiran dan tenaga. Misalnya saja ada teman yang tengah dilanda masalah dan kesulitan, kita bisa membantunya dengan memberikan ide-ide yang mungkin dapat membantunya. Selain itu, senyum juga masuk kategori sedekah non harta benda. Hal ini didasarkan pada hadits Rosull sebagai berikut.

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah." (H.R. At-Tirmidzi)

Pada hadits tersebut dijelaskan secara kompleks mengenai sedekah non harta benda. Mulai dari menyingkirkan batu yang ada di tengah jalan, menuangkan air untuk teman, hingga membawakan barang bawaan teman. 

Nah ketika kita sudah mengetahui bahwasanya perbuatan kecil termasuk sedekah, apakah akan menyia-nyiakannya begitu saja? 

3. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang dilakukan sekali, tetapi pahalanya terus mengalir hingga kiamat. Sedekah ini bisa berupa ilmu pengetahuan, harta benda untuk pembangunan masjid / madrasah, dan yang lainnya. 

Sedekah jenis inilah yang paling memberikan pahala yang tiada henti. Jadi pahala yang akan kita dapatkan akan terus meninggi seperti gunung. Perlu diingat, jangan lupa meniatknnya ya. 

Demikianlah artikel tentang sedekah itu apa saja. Kita jadi tahu bahwa ternyata tak hanya harta benda saja yang dapat disedekahkan. Senyum juga bisa bernilai sedekah karena menggembirakan orang lain. 

Share artikel ini jika bermanfaat sobat!

Post a Comment for "Sedekah itu apa saja? Simak macam-macam sedekah berikut ini"